Dinas Kesehatan Palembang tingkatkan kualitas puskesmas

id puskesmas,dinas kesehatan,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,puskesmas palembang

Dinas Kesehatan Palembang tingkatkan kualitas puskesmas

Dokumentasi- Warga menunggu di ruang tunggu Puskesmas (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan.

Untuk meningkatkan kualitas pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Bumi Sriwijaya ini, sistem manajemen mutu Organisasi Internasional untuk Standardisasi atau "International Organization for Standardization/ISO" akan diterapkan secara maksimal, kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia di Palembang, Senin.

Menurut dia, dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, diharapkan tenaga medis di Puskesmas dapat menangani masalah gangguan kesehatan masyarakat yang tergolong ringan secara maksimal.

"Secara umum pelayanan kesehatan di kota yang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis hingga tingkat sedang cukup di Puskesmas saja, tidak perlu ke rumah sakit umum daerah Bari atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr.Mohammad Hoesin Palembang," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan peningkatan kualitas Puskesmas yang dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir, fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama itu mulai dilirik berbagai lapisan masyarakat.

Sebelum fasilitas pelayanan kesehatan memadai seperti sekarang ini, Puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati kendaraan bermotor roda dua dan empat,kata Kadinkes.