Bupati OKU tandatangani MoU dengan BIG

id Kuryana Azis,Bupati Ogan Komering Ulu,nota kesepahaman,Badan Informasi Geospasial,berita sumsel,berita palembang,Titik Suparwati,Geoportal

Bupati OKU tandatangani MoU dengan BIG

Kuryana Azis. (ANTARA News Sumsel/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) yang di pusatkan di Gedung Badan Informasi Geospasial Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa.

"Hari ini ditandatangani MoU sebanyak 20 dokumen dan 26 dokumen perjanjian kerja sama yang terdiri atas 25 instansi, meliputi tiga provinsi, dua universitas, satu KNKT, 17 kabupaten dan dua kota," kata Sekretaris Utama BIG, Titik Suparwati dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Baturaja, Selasa.

Titiek juga menyampaikan bahwa September nanti dilakukan launching Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP).

"Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Geoportal KSP yang mempublikasikan hasil Integrasi KSP," katanya.

Menurutnya, Geoportal ini akan dapat diakses oleh K/L/P di 34 provinsi di Indonesia sehingga produk Integrasi KSP dapat dimanfaatkan oleh K/L/P sebagai dasar dalam perumusan kebijakan, perencanaan pembangunan dan pengambilan keputusan berbasis spasial.

Bupati OKU, H Kuryana Azis mengatakan dengan adanya MoU dan kerja sama dengan BIG dan pemerintah daerah setempat ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam hal kebijakan.

"Baik itu dalam hal pengelolaan sumber daya alam, penyusunan tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertahanan serta kepariwisataan," kata Kuryana.

Dia melanjutkan, adapun poin-poin kerja sama, diantaranya penyelenggaraan informasi geospasial, peningkatan kapasitas SDM dalam bidang informasi geospasial dan teknologi aplikasi.

"Kemudian pemanfaatan bersama sarana dan prasarana di bidang geospasial dan berbagi pakai data geospasial," ungkapnya.