Asian Games (Boling) - Peboling saling intip pada latihan perdana

id boling,berita sumsel,berita palembang,berita antara,asian games,bus gratis,atlet boling

Asian Games  (Boling) - Peboling saling intip pada latihan perdana

Arena Jakabaring Boling Center, Palembang, Sumateran Selatan. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Para atlet boling saling intip pada kesempatan latihan resmi hari pertama menjelang pertandingan Asian Games 2018 di Jakabaring Bowling Center Kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

"Boleh dikatakan saling intip, meski sebenarnya mereka sudah saling tahu dan kenal permainan masing-masing. Dua hari latihan dan mencoba lintasan ini juga sangat menentukan," kata pelatih tim boling Indonesia Thomas Tan di Palembang, Senin.

Cabang olahraga boling akan memperebutkan enam medali emas yang diikuti 169 atlet dari 18 negara Asia. Selama dua hari, Senin dan Selasa, para atlet mendapat kesempatan menjajal lintasan Jakabaring Bowling Center yang dibangun baru untuk perhelatan olahraga multievent tingkat Asia itu.

Sejumlah negara unggulan seperti Korea Selatan dipastikan turun dengan kekuatan penuhnya, masing-masing dengan kuota enam atlet baik putra maupun putri. Termasuk tuan rumah Indonesia juga turun dengan kekuatan penuhnya.

"Peta kekuatan Asia masih tetap Korea Selatan, kemudian Singapura dan Malaysia, namun kita optimistis untuk bisa mencapai target karena peringkat atlet kita terus membaik," kata Thomas Tan.

Selain itu, ia juga mengantisipasi kemungkinan adanya peningkatan performance dari sejumlah negara, termasuk wakil dari Timur Tengah. Tan mengakui pula bila kondisi lintasan baru ini memungkinkan atlet manapun untuk tampil maksimal.

"Semua kembali kepada atlet kita yang akan bertanding nanti, mereka harus menjaga ritme dan fokus. Itu saja sih kuncinya di boling," katanya.

Sementara itu, ketua panitia pertandingan cabang boling, Adi Cahyo menyatakan dengan persiapan yang matang serta fasilitas baru di arena boling, diharapkan bisa mendukung penampilan maksimal para atlet Asia itu.

"Dengan regulasi dan sistem point baru di sini, tentunya akan ada perbedaan. Tentunya memberikan tantangan dan membutuhkan strategi bagi para atlet dan pelatih dalam pertandingan nanti," kata Adi Cahyo.

Ia berharap pertandingan cabang olahraga bola gelinding tersebut mendapat antusias dari penonton untuk menyaksikan pertandingan yang akan digelar mulai Rabu (22/8) itu.

"Kapasitas tribun arena boling ini sekitar 500 orang. Diharapkan banyak penonton sehingga memberikan semangat bagi peserta sekaligus salah satu indikator keberhasilan mengelar pertandingan," kata Adi Cahyo.

Bagi penonton yang ingin menyaksikan pertandingan cabang boling, bisa masuk degan membeli tiket seharga Rp100.000 untuk sehari pertandingan. Ia berharap pertandingan itu mendapat apresiasi dan perhatian dari masyarakat Palembang.

Arena boling "Jakabaring Bowling Center" merupakan arena pertandingan pertama atau terdekat yang berjarak sekitar 500 meter dari gerbang masuk ke kompleks Jakabaring Sport City.

Penonton bisa masuk menggunakan bus gratis yang disediakan oleh panitia untuk mengangkut masyarakat yang akan menonton pertandingan Asian Games 2018 di kompleks sarana olahraga terluas dan terbesar di Sumatera itu.