Ruang terbuka hijau di Palembang masih kurang

id pohon,berita sumsel,berita palembang,ruang terbuka hijau,Walhi,Hairul Sobri

Ruang terbuka hijau di Palembang masih kurang

Pohon. (ANTARA/Ferri Arianto)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Sumatera Selatan menyatakan ruang terbuka hijau di Kota Palembang hingga Mei 2018 masih kurang dan meminta pemerintah kota setempat terus menambahnya.

"Ruang terbuka hijau harus ditambah karena jumlah luasannya masih sangat minim jika dibandingkan dengan luas wilayah Kota Palembang yang ini," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Selatan Hairul Sobri, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, luas wilayah Kota Palembang sekarang ini sekitar 40 ribu hektare, berdasarkan ketentuan paling tidak 20 hingga 30 persen dari total luas wilayah tersebut atau sekitar 8.000 hektare harus dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

Berdasarkan data tersebut, luasan RTH di Bumi Sriwijaya ini masih banyak kekurangannya, sehingga perlu perhatian pemerintah kota dan dukungan semua pihak agar jumlah RTH bisa mencapai angka ideal.

"Areal ruang terbuka hijau di Palembang sekarang ini jumlahnya masih sangat minim sekitar 4.000 ha, sehingga perlu terus ditambah agar kota ini semakin indah, sejuk, dan nyaman," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, selain memperluas RTH dengan memanfaatkan lahan yang masih tersedia menjadi taman-taman kota, Pemkot Palembang diminta untuk selektif dalam memberikan izin mendirikan bangunan bagi kepentingan apa pun agar lahan yang selama ini menjadi areal publik dan daerah resapan air tidak hilang.

Ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat bagi warga kota, selain menambah keindahan kota, juga bisa memberikan kenyamanan atau membuat suasana kota lebih teduh, sejuk, dan segar.

RTH itu juga berfungsi sebagai pembersih udara dari polusi asap kendaraan bermotor dan industri, daerah resapan air hujan, mengoptimalkan fungsi lingkungan beserta segala isi flora dan faunanya.

Dengan tersedia RTH dalam jumlah yang ideal, selain akan memperindah dan membuat kehidupan warga lebih nyaman, juga bisa meminimalkan masalah banjir yang menjadi persoalan pada setiap musim hujan, kata Sobri.

Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa mengatakan pihaknya terus berupaya menambah RTH dengan memanfaatkan lahan yang ada di sejumlah kawasan.

Pemanfaatan lahan yang bisa digunakan untuk RTH akan terus dilakukan seperti kawasan Jembatan Ampera menjadi taman bermain dan tempat berolahraga, kata Harobin.