Musi Banyuasin kembangkan kota berbasis perikanan

id perikanan,kota perikanan,pemkab muba,kota berbasis perikanan,sekda muba

Musi Banyuasin kembangkan kota berbasis perikanan

Kabupaten Muba miliki potensi perikanan yang cukup besar. (ANTARA News Sumsel/14)

Musi Banyuasin, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, terus melakukan pengembangan kota berbasis perikanan atau minapolitan yang dirintis sejak beberapa tahun terakhir.

Program pengembangan kota berbasis perikanan secara bertahap dilanjutkan sesuai dengan kondisi daerah dan kemampuan keuangan daerah, kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan, untuk melakukan pengembangan minapolitan di kabupaten ini, pihaknya mendorong Dinas Perikanan setempat menjalin kerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan masyarakat setempat.

"Bumi Serasan Sekate ini memiliki potensi sektor perikanan yang cukup besar dan menjanjikan pendapatan yang cukup besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah, berdasarkan kondisi ini akan dilakukan pengembangan kota berbasis perikanan secara maksimal," ujarnya.

Menurut dia, potensi sektor perikanan selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Melihat potensi daerah ini belum dimanfaatkan secara maksimal, pihaknya mengajak seluruh OPD yang memiliki program kerja berkaitan dengan program minapolitan untuk bersinergi dan berpartisipasi dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Seluruh kepala OPD/instansi di jajaran Pemkab Musi Banyuasin diinstruksikan untuk saling mendukung dan melakukan sinkronisasi setiap kegiatan atau program pembangunan yang direncanakan dalam jangka pendek dan panjang

Sinkronisasi setiap kegiatan/program pembangunan antardinas/instansi sangat diperlukan agar tercipta harmonisasi dan kerja sama yang baik dalam memanfaatkan potensi daerah yang hingga kini belum dimanfaatkan secara maksimal, ujar Sekda.