Distan Mukomuko targetkan 1000 sapi melahirkan melalui kawin suntik

id sapi, kawin suntiku, target, melahirkan, sumsel,bengkulu

Distan Mukomuko targetkan 1000 sapi melahirkan melalui kawin suntik

Dok. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/2016)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan sebanyak 1.000 induk sapi melahirkan melalui program inseminasi buatan atau kawin suntik pada tahun ini.

"Kami targetkan 1.000 ekor induk sapi melahirkan dalam tahun ini untuk memenuhi kebutuhan daging," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Kamis.  

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini mendapat jatah melaksanakan pelayanan kesehatan reproduksi terhadap induk sapi dengan target sebanyak 1.000 sapi.

Ia mengatakan, terhitung sejak bulan Januari sampai sekarang, ada sebanyak 143 induk sapi yang melahirkan atau sebesar 14,3 persen dari target sebanyak 1.000 induk sapi.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko masih mempunyai waktu selama tujuh bulan ke depan untuk memberikan pelayanan kesehatan reproduksi terhadap induk sapi produktif agar bisa melahirkan sebanyak 1.000 ekor anak sapi.

Selain itu, petugas peternakan dan kesehatan hewan di kecamatan terus memberikan pelayanan kesehatan reproduksi terhadap induk sapi produktif di daerah itu.

Selain itu, petugas Dinas Pertanian rutin memberikan pelayanan kawin suntik atau inseminasi buatan (IB) terhadap induk sapi produktif di daerah itu.

Instansinya memberikan pelayanan ini untuk mempercepat induk sapi bunting kemudian melahirkan anak sapi," ujar Warsiman.