Kloter embarkasi haji Palembang segera disusun

id haji,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Sumsel,Arab Saudi,calon haji palembang,keberangkatan haji palembang

Kloter embarkasi haji Palembang segera disusun

Peresmian Kawasan Embarkasi Terpadu. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kelompok terbang jamaah calon haji Embarkasi Palembang segera disusun karena pemberangkatan jamaah itu diperkirakan pertengahan Juli 2018.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Selasa mengatakan, memang pembagian kelompok terbang segera disusun karena pemberangkatan jamaah calon haji tidak lama lagi.

Untuk pembagian kelompok terbang sendiri, lanjut dia, sama seperti tahun sebelumnya yakni 19 kloter dengan pemberangkatan dibagi dalam dua gelombang.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk kloter itu sendiri bukan hanya dari Sumsel tetapi ada jamaah calon haji dari Bangka Belitung karena Palembang telah menjadi embarkasi.

Untuk tahun 2018 jamaah calon haji Sumsel diberikan jatah pemberangkatan 6.988 orang dan itu belum ditambah dari Bangka Balitung sekitar empat kloter, ujar dia.

Menurut dia, jamaah calon haji tersebut sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji tahap pertama yang ditutup pada 4 Mei 2018.

Namun, lanjut dia, setelah penutupan pelunasan ternyata masih ada yang belum dapat melunasi atau tercatat 434 orang dari berbagai kabupaten dan kota di Sumsel.

Dia mengatakan, direncanakan pelunasan tahap kedua akan dibuka kembali untuk memberikan kesempatan bagi yang belum dapat melunasi termasuk jamaah cadangan.

Jamaah calon haji untuk kloter pertama direncanakan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 17 Juli 2018 dan sebelum berangkat harus masuk asrama terlebih dahulu.

Dia mengatakan, sebelum berangkat jamaah calon haji tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan terakhir termasuk dokumen pemberangkatan seperti di antaranya paspor dan visa.