Emas berjangka naik tipis menyusul laporan pekerjaan Amerika

id emas,logam mulia,emas putih,emas kuning,harga emas dunia,emas indonesia,berita sumsel,berita palembang

Emas berjangka naik tipis menyusul laporan pekerjaan Amerika

Customer service butik Logam Mulia (LM) menunjukkan emas batangan bergambar seekor anjing saat diluncurkan di Jakarta. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Chicago (Antara/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit lebih tinggi pada Jumat (Kamis pagi WIB), bahkan ketika dolar AS menguat, menyusul laporan data kesempatan kerja AS yang lebih lemah dari perkiraan.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni menambahkan dua dolar AS atau 0,15 persen, menjadi ditutup pada 1.314,7 dolar AS per ounce.

Data ketenagakerjaan AS menunjukkan pertumbuhan lapangan pekerjaan AS meningkat lebih lemah dari yang diharapkan pada April dan tingkat pengangguran turun mendekati level terendah 17,5 tahun sebesar 3,9 persen.

Namun, kenaikan harga emas lebih lanjut tertahan oleh penguatan dolar AS. Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,2 persen menjadi 92,58 pada pukul 18.00 GMT.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar AS naik maka emas berjangka akan turun, karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi kurang menarik bagi para pemegang mata uang lainnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik 7,2 sen AS atau 0,44 persen, menjadi menetap di 16,519 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Juli naik 6,3 dolar AS atau 0,70 persen, menjadi ditutup pada 910,3 dolar AS per ounce.