KedaiKopi: Rizal Ramli Capres alternatif versi perempuan

id rizal ramli,capres alternatif,capres 2019,kedaikopi,lembaga survei kedaikopi,jokowi,prabowo,joko widodo

KedaiKopi: Rizal Ramli Capres alternatif versi perempuan

Arsip - Rizal Ramli (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta  (ANTARA News Sumsel) - Lembaga Survei "Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI)" merilis  data bahwa lebih dari separuh pemilih Rizal Ramli sebagai calon presiden alternatif adalah perempuan.

Dalam telesurvei nasional yang diselenggarakan lembaga survei KedaiKOPI yang diterima Antara, Sabtu, terdapat 52,7 persen mereka yang memilih nama Rizal Ramli dalam simulasi lima nama calon presiden adalah perempuan.

Ini berbeda dengan empat nama lain yang disimulasikan versi pilihan perempuan yaitu Joko Widodo (46,9 persen), Prabowo Subianto (42,6 persen), Gatot Nurmantyo (35,4 persen), dan TGB Zainul Majdi (34,5 persen) atau pemilih mayoritasnya adalah laki-laki.

Sementara untuk pertanyaan  siapakah calon presiden alternatif yang paling tepat jika Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak mencalonkan diri pada Pilpres 2019, terdapat  23,9 persen responden  menyebut nama Rizal Ramli dan 52,4 persennya adalah perempuan, ujar pendiri KedaiKOPI Hendri Satrio.

Selain perempuan, pemilih Rizal Ramli yang juga sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2019 ini berasal dari Suku Jawa (36,6 persen) dan Sunda (30,1 persen). Sementara jika dilihat dari segi pendidikan, penyumbang terbesar pemilih Rizal Ramli berpendidikan SLTA, disusul SMP dan Sarjana/D4.

Kalau dari segi usia pemilih berusia 37-51 tahun mendominasi mereka yang mendukung Rizal Ramli pada simulasi 3 nama (44 persen), sedang pertanyaan tentang capres alternatif  43,1 persen. Lalu disusul oleh pemilih muda diusia 22-36 tahun, jelas Hendri Satrio.

Survei melalui telepon yang dilakukan pada 13 April-16 April 2018 oleh KedaiKOPI menunjukkan nama Gatot Nurmantyo, Rizal Ramli, Susi Pudjiastuti, Anies Baswedan dan Tuan Guru Bajang Zainul Majdi muncul dalam lima besar calon presiden alternatif yang dipikirkan masyarakat.

Telesurvei ini dilakukan terhadap 1.033 responden di 34 provinsi dan responden diberikan pertanyaan terbuka seperti menurut anda siapakah calon presiden alternatif yang paling tepat jika Joko Widodo dan Prabowo Subianto tidak mencalonkan diri pada Pilpres 2019.

Maka nama-nama yang muncul adalah Gatot Nurmantyo (27,4 persen), Rizal Ramli (23,9 persen), Susi Pudjiatuti (9,5 persen), Anies Baswedan (9,4 persen), Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (6,4 persen), Zulkifli Hasan (4,6 persen).

Selain itu ada nama Abraham Samad (2,3 persen), Muhaimin Iskandar (2,1 persen), Ahmad Heryawan (1,4 persen), sisanya menyebut nama lainnya, belum memutuskan serta menyatakan tidak akan memilih.