Alibaba jual 80.000 durian dalam semenit

id alibaba

Alibaba jual 80.000 durian dalam semenit

Jack Ma pemilik Alibaba (ist)

Bangkok (ANTARA News Sumsel) - Raksasa perdagangan dalam jaringan asal China, Jack Ma, mengejutkan banyak kalangan di Thailand karena dalam satu menit ia berhasil menjual 80.000 durian di laman daringnya, T-mall.

Menteri Perdagangan Thailand, dalam suatu upacara penandatanganan pada Kamis, menghadiahkan pendiri perusahaan daring Alibaba itu sebuah "bantal emas", yaitu jenis durian paling terkenal dari kerajaan tersebut.

Alibaba telah menandatangani kesepakatan perdagangan durian senilai 428 juta dolar (sekitar Rp5,9 triliun) dengan pemerintah Thailand.

Durian-durian "bantal emas", yang merupakan jenis durian Thailand yang paling terkenal untuk diekspor, sudah dijual di pasar swalayan daring milik Alibaba pada Rabu. Penjualan itu dimulai satu hari sebelum Ma menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Thailand dalam bidang perdagangan, investasi, dukungan untuk perdagangan dalam jaringan serta pariwisata.

Raksasa perdagangan China itu dilaporkan menanamkan sekitar 330 juta dolar AS di Thailand pada saat perusahaan daring itu berupaya menarik selera para konsumen China pada barang-barang pertanian Thailand dan pasar pariwisata negara di Asia Tenggara tersebut.

Dalam upacara penandatanganan, Alibaba dan Kementerian Perdagangan Thailand meluncurkan toko unggulan resmi pertama untuk penjualan beras Thailand di T-mall selain mendorong penjualan buah-buahan populer Thailand ke China.

T-mall adalah laman pihak ketiga terbesar di dunia untuk merek dan para pedagang eceran.

Alibaba juga berjanji akan membantu bisnis pertanian Thailand dalam memanfaatkan kekuatan pengetahuan yang dimiliki perusahaan itu menyangkut pasar China.

"China sedang bergerak menjadi konsumen terbesar dunia, yang didorong dengan peningkatan pendapatan dan pertumbuhan kelas menengah sejumlah 300 juta orang. Ini saat yang paling tepat bagi negara-negara yang memiliki orientasi perdagangan agar menangkap peluang ini untuk mengekspor ke China karena negara ini (China, red) terus membuka pintu semakin lebar bagi perdagangan global," kata Ma.

Alibaba pertama kali muncul di Thailand pada 2016, ketika perusahaan itu bermitra dengan pemerintah Thailand untuk memperkuat kemampuan perdagangan daring bagi perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di kerajaan itu, yang berpenduduk lebih dari 68 juta orang.

"Mengingat Thailand memiliki kekuatan masyarakat dan kebudayaan yang unik, kami merasa yakin akan masa depan dan potensi pertumbuhannya di bawah kebijakan pemerintah untuk memperluas perekonomian di luar industri berat dan pertanian ke teknologi dan penemuan-penemuan baru lainnya," kata Ma.

Ketika bertemu dengan Perdana Menteri Thailand Pryauth Chan-ocha sebelum upacara penandatangan, Ma juga berjanji akan menghasilkan keuntungan bersama dari investasi Alibaba di Thailand pada akhir 2019.

Baca juga: Jack Ma si pendiri Alibaba tuntut Facebook bereskan masalah privasi
Pewarta: Tia Mutiasari
Editor: Ida Nurcahyani