Pemkot Palembang data lokasi penebaran benih ikan

id sekda kota,benih ikan, lokasi penebaran benih ikan,ikan, ekosistem perairan umum,harobin

Pemkot Palembang data lokasi penebaran benih ikan

Sekda Palembang Harobin Mustafa (ANTARA News Sumsel/16/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya mendata lokasi mana saja yang akan menjadi lokasi kegiatan penebaran benih ikan untuk menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum, membudidayakan ikan serta melestarikan lingkungan.

Selain mendata lokasi kegiatan itu, dilakukan juga pemilihan ikan apa saja yang cocok untuk ditebarkan di sungai, danau, dan tempat lainnya sehingga bisa tumbuh serta berkembang biak dengan baik, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya melalui Dinas Perikanan gencar melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi dan beberapa danau di sekitar kawasan permukiman penduduk.

Melalui kegiatan itu, selain bisa menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum, membudidayakan ikan serta melestarikan lingkungan, dapat meningkatkan produksi ikan sehingga semua kebutuhan protein hewani itu bisa dipenuhi dari dalam kota setempat, katanya.

Menurut dia, Pemkot Palembang berupaya memanfaatkan perairan umum secara maksimal yang memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang tinggi.

Potensi tersebut perlu didorong pemanfaatannya secara maksimal karena dapat menimbulkan beberapa dampak negatif jika tidak mendapatkan perhatian.

Sungai Musi yang membelah kota ini menjadi dua bagian yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir sekarang ini terus dilakukan penataan dan upaya pelestariannya.

Perhatian terhadap potensi perairan umum daratan tersebut akan terus ditingkatkan, karena jika diabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya, keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja, pendapatan asli daerah, dan fungsi estetika, kata Harobin.