Pemerintah Kota Palembang imbau warga sukseskan vaksin difteri

id vaksin difteri,berita palembang,dinas kesehatan palembang,Harobin Mastofa

Pemerintah Kota Palembang imbau warga sukseskan vaksin difteri

Arsip - Petugas memberikan vaksin pada salah satu pelajar pada gelaran pencanangan gerakan sehat serentak Kota Palembang. (Antaranews Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (Antaranews Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengimbau warga kota setempat menyukseskan program bulan pemberian vaksin difteri untuk mengendalikan kejadian luar biasa penyakit tersebut.

Untuk menyukseskan bulan pemberian vaksin difteri yang dijadwalkan berlangsung hingga pertengahan Februari 2018, warga kota ini bisa menerima pemberian vaksin tersebut jika ada petugas mendatangi rumah, sekolah atau tempat lainnya, kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, menghadapi kondisi kejadian luar biasa (KLB) difteri beberapa bulan terakhir, pihaknya menginstruksikan Dinas Kesehatan setempat memberikan vaksin difteri gratis kepada warga untuk meminimalkan jumlah penderita penyakit tersebut.

Pemberian vaksin tersebut tidak hanya difokuskan di kawasan permukiman penduduk, tetapi juga dilakukan di sekolah-sekolah, lembaga pemasyarakatan anak, pondok pesantren dan beberapa tempat lainnya.

Untuk memberikan vaksin tersebut, Pemkot Palembang melibatkan seluruh jajaran Dinas Kesehatan Palembang dan memaksimalkan fungsi puskesmas dan posyandu yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota itu, ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letizia menjelaskan bahwa pemberian vaksin massal dilakukan karena kota ini mengalami kejadian luar biasa penyakit difteri.

Menghadapi KLB difteri agar tidak semakin parah dan menimbulkan korban jiwa, pihaknya berupaya melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk melindungi warga kota dari penyakit tersebut.

Selain itu melakukan kegiatan vaksin massal dan meningkatkan kesiapan tenaga medis, memberikan pengobatan kepada warga yang dicurigai/suspect difteri dan tindakan pencegahan.

"Upaya ini telah dilakukan beberapa bulan terakhir, kami juga mengimbau warga agar mewaspadai penyakit tersebut dengan meningkatkan pola hidup sehat," ujar Letizia.
(T.Y009/I006)