Masyarakat Desa Swadaya Bangun Gedung Serba Guna

id gedung serba guna, warga desa di oku bangun gedung serba guna, swadaya bangun serba guna, wabup oku, jauhari johan, kades mitra kecana

Dokumentasi- Pembangujan gedung serbaguna "Convention Hall". (ANTARAJATENG.COM/Bambang DM)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Masyarakat Desa Mitra Kencana Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, secara swadaya mengumpulkan dana untuk pembangunan Gedung Serba Guna.

"Pembangunan Gedung Serba Guna Desa Mitra Kencana Kecamatan Peninjauan ini menelan dana sekitar Rp700 juta lebih," kata Kepala Desa (Kades) Mitra Kencana, Ogan Komering Ulu (OKU), Sailendra di Baturaja, Sabtu.

Kades mengungkapan, biaya pembangunan gedung yang direncakan dibangun seluas 20x30 meter tersebut murni swadaya masyarakat dan sumbangan pihak ketiga.

"Sudah satu setengah tahun ini kami mengumpulkan dana dari potongan hasil timbangan getah karet sebesar Rp25 pekilogram dan buah sawit Rp15 dipotong untuk setiap kilogramnya," jelasnya.

Dari hasil swadaya masyarakat itu, kata dia,? terkumpul dana sebesar Rp100 juta lebih yang diperuntukan membiayai pembangunan Gedung Serba Desa Mitra Kencana dan ditambah bantuan anggaran dari pihak ketiga dalam hal ini Pemkab OKU.

"Peletakan batu pertama sudah dilakukan oleh Wakil Bupati OKU Johan Anuar Jumat (15/12) untuk segera kami lanjutkan pembangunannya," kata dia.

Wakil Bupati OKU, Johan Anuar menambahkan kekompakan masyarakat Desa Mitra Kencana serta kinerja perangkat pemerintahan desa setempat patut dicontoh desa lain dalam berinovasi membangun desa tidak hanya mengandalkan dana dari pemerintah.

Sebab, kata Johan, untuk membangun desa sendiri seperti pembangunan Gedung Serba Guna ini dapat dilakukan dengan sumber dananya hasil swadaya masyarakat.

"Inovasi ini patut ditiru oleh para kades lain agar dalam membangun desa tidak hanya bergantung pada suntikan dana dari pemerintah saja," ujar Johan.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar