Musim Hujan, Pemkot Palembang Ingatkan Waspadai Penyakit

id musim hujan, waspadai penyakit, sekda kota palembang, harobin mustafa, penyakit, gotong royong, banjir, hujan, penyakit berjangkit

Dokumentasi - Sejumlah siswa sekolah berusaha melewati genangan yang diakibatkan oleh hujan panjang, Jumat (9/11). (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan kembali mengingatkan warga setempat untuk mewaspadai ancaman berbagai penyakit yang biasa timbul pada setiap musim hujan.

"Musim hujan sekarang ini perlu meningkatkan kewaspadaan ancaman berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan warga dan menimbulkan korban jiwa," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pada musim hujan biasanya sering timbul penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, flu, batuk serta diare.

Berbagai penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk mencegah mewabahnya penyakit tersebut, warga di kota yang dikenal dengan ikon Jembatan Ampera itu diminta meningkatkan kebersihan lingkungan baik di sekitar tempat tinggal, tempat bekerja, dan lingkungan tempat usaha.

Selain itu diimbau pula melakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, istirahat dengan waktu yang cukup, dan tindakan lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan aktivitas lainnya memiliki peran yang besar dalam mencegah terserangnya penyakit.

Untuk mendorong warga kota ini untuk menerapkan pola hidup sehat, pihaknya melalui Dinas Kesehatan rutin melakukan penyuluhan mengenai kesehatan masyarakat.

Kemudian menggalakkan gotong royong di kawasan permukiman penduduk dan lingkungan perkantoran di wilayah 18 kecamatan, ujar Sekda.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar