Gali peluang usaha kecil dan menengah

id usaha kecil dan menengah, menggali peluang usaha, umkm, pemkab muba, penghasilan keluarga

Gali peluang usaha kecil dan menengah

Dokumentasi - Produk UMKM tutup kerajinan Leker di sentra kerajinan 19 Ilir Palembang (ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Musi Banyuasin  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya menggali peluang usaha kecil untuk mendorong masyarakat mengembangkan kegiatan usaha meningkatkan penghasilan keluarga.

Peluang usaha perlu terus digali sehingga bisa memfasilitasi masyarakat untuk melakukan pengembangan kegiatan usaha dari usaha mikro, kecil, menengah hingga skala besar, kata Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Musi Banyuasin Ardian Syahri, di Sekayu, Jumat.

Menurut dia, usaha kecil merupakan salah satu pilar ekonomi rakyat dengan tanpa mengabaikan usaha besar dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dengan mendorong usaha kecil diharpkan berkembang menjadi besar dan mampu memperluas lapangan kerja serta memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan usaha kecil, seluruh peluang usaha akan dimanfaatkan secara maksimal dan didorong dikelola secara maksimal oleh masyarakat.

Selain itu, dengan menggali peluang usaha kecil berpotensi memungkinkan terjadinya kerja sama kemitraan pelaku usaha kecil dengan berbagai perusahaan besar yang beroperasi di kabupaten ini.

Kemudian pihaknya juga bisa memfasilitasi pelaku usaha kecil mengakses perbankan untuk mendapatkan penjaminan modal mengembangkan usaha, ujar Ardian.