Imigrasi dukung penerbangan langsung Palembang-Jeddah

id imigrasi, pemeriksaan papsor, paspor, penerbangan langsung, langsung, umrah, umrah langsung

Kasi Insarkom Imigrasi Palembang Irawan Widiarto. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Kapanpun program pelayanan penerbangan secara langsung jamaah umrah dari Palembang dijalankan, tim Imigrasi siap bertugas memberikan pelayanan terbaik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, berupaya menyiapkan tim pemeriksaan paspor untuk mendukung rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melayani masyarakat setempat yang akan beribadah umrah dengan penerbangan langsung ke Jeddah.

"Petugas pemeriksaan paspor yang ada di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sekarang ini tinggal ditambah beberapa orang bisa dijadikan tim khusus yang siap melayani jamaah yang akan umrah dengan penerbangan langsung ke Jeddah seperti yang dilakukan saat pemberangkaan jamaah haji," kata Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Kantor Imigrasi Palembang Irawan Widiarto, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, secara umum tidak ada masalah dalam pelayanan keimigrasian penerbangan langsung dari Palembang ke Jeddah, karena dalam beberapa tahun terakhir petugas sudah terbiasa melayani ribuan jamaah yang akan menunaikan ibadah haji dengan penerbangan langsung.

Kapanpun program pelayanan penerbangan secara langsung jamaah umrah dari Palembang dan beberapa kabupaten/kota Sumsel lainnya dijalankan Pemprov Sumsel, tim Imigrasi siap bertugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, penerbangan langsung Palembang-Jeddah merupakan program yang bagus dan perlu didukung semua pihak, karena bisa memudahkan masyarakat provinsi ini melakukan perjalanan ibadah umrah.

Masyarakat yang akan umrah selama ini harus terbang ke Jakarta terlebih dahulu, karena penerbangan ke Arab Saudi itu lebih gambang diperoleh di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Dengan program pemerintah daerah yang memfasilitasi masyarakat beribadah umrah dengan penerbangan secara lansgung, tidak perlu lagi transit berganti pesawat dan berulang kali pindah bandara serta menjalani pemeriksaan petugas keamanan bandara.

Selain itu, dapat menghemat biaya, karena masyarakat yang terdaftar sebagai jamaah umrah pada suatu travel tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli tiket penerbangan tambahan pergi pulang Palembang-Jakarta

Sementara sebelumnya Kabid TU Kanwil Kemenag Sumsel Yeri Taswin menjelaskan bahwa Gubernur Alex Noerdin berkeinginan untuk keberangkatan jamaah umrah asal provinsi ini langsung dari Palembang ke Arab Saudi dengan membuat payung hukumnya berupa Peraturan Gubernur (Pergub).

Untuk mewujudkan keinginan gubernur tersebut, pihaknya melakukan konsultasi dan koordinasi dengan sejumlah pimpinan maskapai penerbangan untuk dukungan penyediaan pesawat berkapasitas 360 atau 450 tempat duduk, pihak Imigrasi, dan pihak terkait lainnya, kata dia pula.





Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar