Penjualan tanaman hias di Palembang meningkat

id penjualan tanama hias, tanaman hias, tanaman, meningkat, lebaran

...Permintaan tanaman hias sekarang ini setiap hari rata-rata 40 batang meningkat dibanding bulan sebelumnya paling banyak 25 batang...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pedagang tanaman hias di Kota Palembang menyatakan meraih pendapatan lumayan besar menjelang Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah/2015 karena permintaan masyarakat mengalami peningkatan hingga di atas 50 persen dari hari biasanya.

Permintaan tanaman hias sekarang ini setiap hari rata-rata 40 batang meningkat dibanding bulan sebelumnya paling banyak 25 batang, kata Azwin pemilik kios tanaman hias di simpang BLK Kenten Sako Palembang, Senin.

Tingginya permintaan tanaman hias akhir-akhir ini memberikan keuntungan bersih setiap harinya paling sedikit Rp100.000, katanya menjelaskan.

Menurut dia, tingginya permintaan tanaman hias akhir-akhir kemungkinan karena banyaknya warga berupaya menata perkarangan rumahnya agar terlihat lebih indah dan asri oleh tamu dan sanak keluarga yang bersilaturahmi pada saat hari besar keagamaan ummat Islam itu.

"Biasanya warga kota ini menghadapi Lebaran mempercantik halaman rumahnya dengan berbagai tanaman hias sehingga suasana Lebaran Idulfitri semakin meriah dan nyaman," ujarnya.

Beberapa tanaman hias yang diminati masyarakat antara lain bunga anggrek, sikas, kamboja, dan palem botol.

Tanaman hias itu dijual berkisar Rp40.000,- hingga 200.000 per batang tergantung bentuk dan ukurannya , kata Azwin.

Selain di kawasan Kenten Sako, pedagang tanaman hias banyak dijumpai di jalan Demang Lebar Daun dan Jalan Soekarno Hatta jalur menuju Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Menurut salah seorang pedagang tanaman hias di Jalan Demang Lebar Daun, Hamdani mengatakan sepekan terakhir pengunjung di kiosnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari sebelumnya.

Pengunjung tidak hanya membeli tanaman hias tetapi juga sekaligus membeli pot baik ukuran kecil maupun ukuran besar dan tanah pupuk.

Pot tanaman hias dijual berkisar Rp20.000 hingga Rp190.000 per buah dan tanah pupuk dijual Rp7.500 per karung, kata dia.