Delapan kecamatan di Bangka dibantu Rp8 miliar

id bangka, kabupaten bangka salurkan dana rp1 miliar tiap kecamatan

Delapan kecamatan di Bangka dibantu Rp8 miliar

Pemprov Bangka Belitung (FOTO ANTARA)

Sungailiat (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan bantuan dana masing-masing sebesar Rp1 miliar untuk delapan kecamatan di daerah itu atau total Rp8 miliar mulai Maret 2014.

"Dana yang dikucurkan untuk delapan kecamatan itu bersumber dari APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Bupati Bangka Tarmizi Saat di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, penggunaan dan penggunaan dana sebesar itu akan diatur dalam Peraturan Gubernur Bangka Belitung.

"Penggunaan anggaran yang disalurkan yang direncanakan pada Maret 2014 itu harus sesuai aturan yang ada. Tidak boleh asal menggunakan tanpa berdasarkan aturan," jelasnya.

Menurut dia, dana yang akan disalurkan melalui program itu dapat diperuntukkan bagi pembangunan rumah layak huni atau kegiatan yang menyentuh masyarakat secara langsung.

"Saya berharap kepada para camat penerima bantuan agar dapat berkoordinasi dengan para lurah atau kepala desa yang mengetahui langsung kondisi masyarakat di lapangan," ujarnya.

Dijelaskan, jika terjadi sisa dana anggaran pada penyerapan nantinya, maka harus dikembalikan kepada negara untuk digunakan pada tahun anggaran berikutnya.

"Dana yang tersisa jangan digunakan untuk kepentingan pribadi atau kepentingan lain di luar peraturan yang ada," katanya.

Pada tahun anggaran 2013 pemerintah juga menyalurkan dana dengan total Rp25,6 miliar yang diperuntukkan bagi 60 desa serta sembilan kelurahan di Kabupaten Bangka.

Sebelumnya anggota DPRD Kabupaten Bangka Ahmad Asin mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar menggunakan anggaran pemerintah sesuai dengan pendoman dan aturan yang ada.

"Jika kades mengalami kebinggunan dalam menggunakan anggaran atau membuat laporan pertanggungjawaban, hendaknya berkoordinasi dengan pihak kecamatan," jelasnya.