Pengunjung minta tambah penerangan di benteng Marlborough

id Marlborough, benteng fort marlborough

Pengunjung minta tambah penerangan di benteng Marlborough

Benteng Marlborough (Foto Antarasumsel.com/13/Awi)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Sejumlah pengunjung mengharapkan pemerintah menambah lampu yang menerangi Benteng Marlborough dan sekitarnya, sehingga suasana objek wisata bersejarah itu tidak gelap pada malam hari.

"Saya baru kali pertama malam hari mengunjungi benteng itu untuk melihat suasananya, apalagi informasinya ramai dikunjungi warga," kata Ny Hartina, warga asal Baturaja Provinsi Sumatera Selatan yang baru setahun menetap di Kota Bengkulu, Kamis.

Ia menyatakan, banyak pengunjung terutama muda-mudi, namun  mereka lebih suka berada di tempat yang dekat pantai, namun di sana suasananya gelap karena tidak tersedia lampu penerangan yang memadai.

"Kondisi seperti itu potensial terjadi kerawanan sosial dan ancaman kriminalitas," kata dia lagi.

Warga Kota Bengkulu lainnya, Cindy mengatakan, ia sering datang ke benteng peninggalan Inggris tersebut saat malam meskipun hanya di kawasan sekitarnya.

"Ini salah satu tempat berkumpul terutama muda-mudi saat menjelang buka puasa, malam atau pun setelah sahur. Sayangnya lampu kurang banyak untuk meneranginya. Kami berharap pemerintah lewat Pak Gubernur atau Pak Wali Kota bisa memperhatikan ini," katanya.

Pada lokasi sekitar objek wisata terkenal di Bengkulu itu, lampu penerangan yang tersedia hanya pada bagian depan benteng, sedangkan di jalan melingkar dekat pantai suasananya masih agak terang karena keberadaan pedagang makanan menggunakan tenda dan gerobak.

Selama ini banyak pengunjung ke lokasi tersebut yang didominasi muda-mudi, dan di antara mereka ada yang bermain kembang api diarahkan ke atas benteng.

Tak jauh dari benteng tersebut terdapat pasar tradisional oleh Pemerintah Kota Bengkulu diaktifkan kembali, dengan mengalihkan pedagang di Pasarsubuh ke lokasi tersebut.

Sehari sebelumnya di tempat itu terjadi pertengkaran antara pedagang santan kelapa dengan petugas parkir yang mengakibatkan pedagang tersebut terluka kena bacokan setelah dikeroyok.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menjanjikan segera meningkatkan pengamanan di pasar tersebut, dengan meminta bantuan kepolisian untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli yang ada di sana.

Warga setempat dan para pengunjung objek wisata itu juga mengharapkan adanya peningkatkan pengamanan baik di pasar tersebut maupun di sekitar Benteng Marlborough, termasuk minta aparat dapat menertibkan petugas parkir di sana.