Wakot: Kegiatan program KB sebaiknya diambilalih masyarakat

id kb, wali kota lubuklinggau

Wakot: Kegiatan program KB sebaiknya diambilalih masyarakat

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) ( Antarasumsel.com/logo/Ist)

Lubuklinggau, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Kegiatan program Keluarga Berencana ke depan sebaiknya diambil alih masyarakat untuk mencapai tujuan keluarga sejahtera, kata Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe.

Sekarang ini masyarakat dinilai belum terlalu mencintai dan mengabaikan program tersebut, maka masa depan program Keluarga Berencana (KB) yang dibina Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkesan kurang maksimal, kata Prana Putra Sohe di Lubuklinggau, Minggu.

Ia mengatakan, penilaian program KB itu belum mantap juga disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Eddy Yusuf pada Hari Kelurga Nasional (Harganas) XX tingkat Sumsel di Lubuklinggau, Sabtu (6/7).

Namun demikian kegiatan program KB tetap ada sentuhan dari pemerintah, seperti dilakukan BKKBN selama ini dan seluruh komponen berkoordinasi dengannya.

Masyarakat sebagai obyek KB hingga saat ini belum mampu menanamkan program tersebut secara mandiri, sehingga perlu bimbingan yang mengarah pada kemandirian, ujarnya.

Penduduk yang besar bila tidak dibina BKKBN untuk dipersiapkan dan diolah menjadi keluarga kecil, maka selamanya menjadi beban negara, ujarnya.

Wakil Gubernur Sumsel Eddy Yusuf antara lain mengatakan, program KB tidak hanya dilaksanakan masyarakat umum, tapi juga anggota TNI dan Polri, sehingga program itu meskipun lamban tetap tercapai sasaran.

Ia mengharapkan, program KB ke depan lebih ditingkatkan dan didukung berbagai elemen sehingga tidak terjadi ledakan penduduk di Tanah Air.

Perjuangan mensukseskan program KB ke depan masih panjang dan cukup berat, terutama mengendalikan jumlah penduduk dan tidak sama dengan kegiatan politik yang selalu goyang.

"Kita mendukung program dua anak cukup, tapi berpotensi lebih baik dari orang tuanya, sehingga penambahan sumber daya manusia ke depan lebih cerah," ujarnya