APBD Tanjabbar terbesar di Provinsi Jambi

id apbd, tanjabbar, tertinggi

...Jika dilihat dari besaran APBD kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang masih dibawah Rp1 triliun, APBD Tanjung Jabung Barat akan menjadi yang terbesar di Provinsi Jambi...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipatok Rp1,1 triliun tahun 2013, akan menjadi yang terbesar di Provinsi Jambi.
          
"Jika dilihat dari besaran APBD kabupaten/kota di Provinsi Jambi yang masih dibawah Rp1 triliun, APBD Tanjung Jabung Barat akan menjadi yang terbesar di Provinsi Jambi," ujar Bupati Usman Ermulan di Kualatungkal, Ibukota Kabupaten Tanjabbar, Minggu.
          
Anggaran sebesar Rp1,1 triliun sebelumnya sudah disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Usman Ermulan pada sidang paripurna DPRD saat penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) anggaran APBD 2013.
         
Ia menyebutkan, APBD Tanjabbar 2013 itu akan digunakan untuk belanja langsung sebesar Rp639 miliar dan belanja tak langsung Rp461 miliar.
         
Lebih lanjut ia mengatakan, anggaran tersebut akan diprioritaskan untuk pembangunan berbagai sumber daya yang ada. Baik sarana infrastruktur, pendidikan, sosial ekonomi, kesehatan hingga sumber daya manusia di daerah itu.
         
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjabbar, Arief Munandar mengatakan, Pemkab Tanjabbar memiliki banyak potensi untuk memajukan pendapatan daerah. Diantaranya mulai dari hasil bumi berupa hasil tambang, pertanian, perkebunan dan perikanan.
       
Dengan peningkatan APBD tersebut ia berharap upaya pembangunan daerah bisa terus meningkat dengan ditunjang semakin besarnya anggaran daerah yang ada.
         
Sebagaimana diketahui, rata rata APBD di kota/kabupaten di Provinsi Jambi masih dibawah Rp1 triliun.
         
Pemerintah Kota Jambi dengan jumlah penduduk mencapai 700 ribu jiwa tercatat baru memiliki APBD sekitar Rp800 miliar pada 2012 ini.
         
Bahkan di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Tebo dan Batanghari, APBD di dua daerah ini masih dibawah Rp800 miliar.(ANT/KR-BS)