Perlengkapan Wisma Atlet di Palembang segera dipenuhi

id wisma atlet, perabotan, elektronik

Perlengkapan Wisma Atlet di Palembang segera dipenuhi

SEA Games XXVI 2011. (FOTO.ANTARA News)

Palembang (ANTARA News) - Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan mulai diisi beragam perabotan maupun peralatan elektronik dan ditargetkan segera lengkap isinya, agar layak digunakan pada SEA Games XXVI, 11-22 November mendatang.

Ketua Panitia penyelenggara SEA Games (InaSOC) Sumsel, H Muddai Madang mengatakan di Palembang, Jumat, perlengkapan wisma atlet itu akan dikirimkan secara bertahap ke Palembang dan dijadwalkan tuntas pada 30 Oktober mendatang.

"Sudah beberapa item perabotan itu tiba di Palembang, seperti tempat tidur, meja, dan kursi, tapi mengenai detail jumlahnya, saya tidak tahu pasti dan bisa dicek di lokasi langsung," kata dia.

Muddai tidak membantah bahwa pemasangan meubelair di wisma atlet itu harus dikebut, mengingat pada awal November akan digunakan oleh atlet dan ofisial.

"Rencananya atlet tim nasional SEA Games sudah berada di Palembang pada awal November, untuk melakukan adaptasi dengan venues yang ada. Mereka tentunya akan diinapkan di wisma atlet," ujar Ketua KONI Sumsel ini pula.

Deputi I InaSOC (Indonesia SEA Games XXVI Organizing Committee) Sumsel, Musni Wijaya mengakui, keterlambatan pengisian meubelair wisma atlet itu karena beberapa item barang harus melalui proses tender.

"Proses tender baru dilakukan awal Oktober, sehingga pada akhir Oktober meubelair baru bisa dipasang. Meskipun lambat tapi upaya itu terbilang cepat, karena hanya kurang dari tiga pekan sudah bisa mendatangkan barang yang diperlukan ke Palembang," kata dia lagi.

Dia mengungkapkan, semula wisma atlet dijadwalkan siap digunakan pada bulan September atau tepatnya saat tes event cabang olahraga SEA Games mulai digelar.

"Tapi karena alokasi dana untuk beragam kebutuhan SEA Games baru ditetapkan pada pertengahan September, sehingga beribas pada kesiapan wisma atlet ini," ujar dia.

Ia menambahkan, pihak InaSOC Sumsel juga melakukan pengadaan barang untuk beberapa item barang yang tidak masuk meubelair wisma atlet.

Dia menyebutkan, pengadaan itu antara lain untuk perlengkapan berupa piring, cangkir, handuk, keset kaki, kotak sampah, sendok, garpu, dan tempat jemuran handuk.

"Kami terpaksa melakukan pengadaan barang secara penunjukan langsung untuk item yang tidak masuk dalam meubelair, mengingat waktunya sudah mepet sekali. Dalam waktu dekat barangnya juga akan tiba," kata dia.

Menurut dia, penunjukan langsung itu telah disetujui berbagai pihak terkait.

"Memang barang-barang tambahan itu terkesan sepele, tapi bisa jadi bakal menjadi perhatian atlet yang menginap di wisma atlet. Kamar yang ada mencapai ratusan buah, sehingga jumlah barang yang dipesan juga mencapai ribuan," ujar dia.

Wisma atlet di Komplek Olahraga Jakabaring (Jakabaring Sport City) palembang itu, mampu menampung sekitar 2.300 atlet dan ofisial. Sedangkan jumlah atlet dan ofisial pada SEA Games ke-26 di Palembang diperkirakan hampir 5.000 orang.

Semua atlet dan ofisial yang tidak tertampung akan dialihakan ke sejumlah hotel di Kota Palembang. (ANT-037)