Kodam Pattimura antisipasi pengaruh pilkada Dki Jakarta

id kodam, kodam patimurah, tni, tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda dan wanita, mengantisipasi pengaruh suhu politik yang memanas, menjelang Pilkada se

Kodam Pattimura antisipasi pengaruh pilkada Dki Jakarta

Ilustrasi-Personel TNI (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selli)

Ambon (ANTARA Sumsel) - Kodam XVI/Pattimura menggelar tatap muka dengan para tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda dan wanita,  untuk mengantisipasi pengaruh suhu politik yang memanas di DKI Jakarta menjelang Pilkada serentak 2017.

Staf Ahli Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Inf Agustinus Purboyo di Ambon, Senin, mengatakan sejumlah pembicara dalam kegiatan tatap muka itu sudah menyampaikan tentang Pilkada kabupaten/kota di Maluku yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, dan menginginkan agar suasana di daerah ini tidak terimbas kampanye memanas seperti di DKI Jakarta.

"Kegiatan Pilkada DKI Jakarta telah membias pada hal-hal yang sudah tidak fokus pada tujuan Pilkada itu sendiri," katanya.

Karena itu, Pangdam berinisiatif melaksanakan tatap muka dengan semua komponen dalam masyarakat, karena menurut beliau pendekatan-pendekatan melalui komnukasi dengan mengedepankan kearifan lokal, melalui tokoh masyarakat ternyata sangat efektif untuk bisa meredam terjadinya kontak fiksi di antara organisasi atau orang-orang di wilayah Maluku.

"Secara umum sudah dijelaskan, baik oleh Kapolda maupun Pangdam bahwa untuk wilayah Maluku, tidak mengalami biasan Pilkada DKI Jakarta," ujarnya.

Pangdam maupun Kapolda bersyukur dan mengapresiasi keamanan yang sudah terbina selama ini, bukan karena keberadaan TNI-Polri semata tetapi karena peran tokoh-tokoh masyarakat dan agama.

"Tokoh masyarakat maupun agama bisa memberikan teladan dan himbauan agar situasi kondusif yang terpelihara dengan baik ini, bisa menjadikan Maluku k depan sebagai pusat investasi dunia," ujar Kolonel Agustinus.

Apalagi, tambah dia, Presiden Joko Widodo mempunyai kebijakan  Indonesia Timur adalah masa depan Indonesia.