Puluhan calon haji Munatour dipastikan berangkat 2016

id calon haji, haji, jamaah haji, monatour

Puluhan calon haji Munatour dipastikan berangkat 2016

Ilustrasi - Jamaah haji kloter pertama di Palembang, Sabtu (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 47 orang calon haji yang mendaftar melalui biro jasa haji dan umroh Munatour plus dipastikan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun 2016.

"Kalau calon haji yang posisinya aman untuk berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2016 sebanyak 47 orang secara nasional," kata Kepala Biro Jasa Haji dan Umroh Munatour plus Perwakilan Palembang, Siti Hawa, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 47 orang calon haji itu memang pendaftarannya pada tahun 2012 sehingga berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Akan tetapi, lanjutnya, kemungkinan jumlah calon haji tersebut dapat bertambah, karena bisa saja ada calon haji plus yang batal berangkat, karena meninggal dunia dan tidak melunasi pembayaran.

Ia mengatakan, biasanya untuk mengisi itu diperebutkan kembali, karenanya bisa saja calon haji dari Munatour bertambah jumlahnya.

Kementerian Agama sendiri menyampaikan untuk mengisi itu diperuntukkan bagi mereka yang telah mendaftar pada tahun 2013, ujarnya.

Ia menyatakan, untuk suntik vaksin meningitis akan dilakukan pada 30 Juli 2016 di Jakarta, sedangkan calon haji dari Palembang masih menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan kota setempat.

Biasanya di Palembang untuk suntik vaksin meningitis mendahulukan yang calon haji reguler, setelah itu baru calon haji plus, tuturnya.

Sementara lanjutnya, untuk manasik haji sendiri akan dilaksanakan pada 5-7 Agustus 2016 di Bogor. Calon haji yang melalui Munatour itu akan berangkat ke Tanah Suci pada 2 September 2016 dan kembali ke Tanah Air pada 22 September 2016.

Calon haji tersebut berangkat menggunakan pesawat Emirates dengan rute Jakarta, Dubai langsung ke Madinah selanjutnya baru ke Mekkah, katanya.