Muaraenim matangkan kesiapan Porprov Sumsel

id pekan olahraga provinsi, porprov sumsel, kabupaten muaraenim, sekda pemkab muaraenim, hasanudin

Muaraenim matangkan kesiapan Porprov Sumsel

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Arina Suwanto)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Muaraenim mematangkan kesiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan akan diselenggarakan pada September 2017.

Sekda Pemkab Muaraenim, Hasanudin di Palembang, Selasa, mengatakan saat ini Pemkab setempat sedang membangun sejumlah sarana dan prasarana beserta fasilitas pendukungnya.

"Persiapan, mulai dari membangun venue, hotel dan menyiapkan fasilitas transfortasi," kata Hasanuddin seusai paparan kesiapan Porprov Sumsel di Griya Agung Palembang.

Fasilitas ini akan bersinggungan dengan kontingen yang datang yakni ditaksir berjumlah 4.800 orang.

"Inilah yang sedang dipikirkan, hotel ada sekarang bisa menampung 1.100, jadi perlu ada penambahan, rencananya akan dibangun perumahan PNS sebanyak 300 unit," kata dia.

Porprov Sumsel ini akan mempertandingkan 21 cabang olahraga, diantaranya, atletik, biliar, basket, catur, karate, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak bola, futsal, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju, wushu, sepak takraw, kempo, bulu tangkis, dan balap sepeda.

Ketua KONI Sumsel, Alex Noerdin berpesan bahwa pembangunan venue sebaiknya terpusat atau berada dalam satu area.

"Contoh Jakabaring Sport City, jangan seperti Bandung, saat PON nanti tersebar di kabupaten-kabupaten," kata Gubernur Sumsel ini.

Bila venue ini tidak berada terpusat pada satu titik, maka harus menyiapkan transfortasi yang tidak sedikit.

"Terus apa yang dibangun nantinya oleh Muaraenim harus bermanfaat meski event itu telah selesai," kata dia.