Pertamina salurkan Rp437 juta bantu perpustakaan SD

id pertamina, smom ru iii, djoko priyono, bantuan perpustakaan, perpustakaan

Pertamina salurkan Rp437 juta bantu perpustakaan SD

CSR Pendidikan Pertamina RU III Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) PT Pertamina (persero) Refinery Unit III (RU III) Djoko Priyono memberikan bantuasn CSR PT Pertamina RU III secara simbolis kepada sejumlah Kepala Sekolah penerima bant

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina Refinery Unit III salurkan Rp437 juta untuk membantu mobiler dan perpustakaan sekolah dasar di Kecamatan Plaju dan Banyuasin I, Sumatera Selatan.

Bantuan itu secara simbolis diserahkan oleh General Manager RU III yang diwakili Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) RU III, Djoko Priyono kepada para Kepala Sekolah Dasar di halaman SDN 14 Banyuasin I, Rabu.

Menurut Djoko, bantuan yang diberikan itu sebagai komitmen Pertamina untuk turut meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah operasi, Pertamina RU III.

Bantuan mobiler sekolah yang diberikan yaitu berupa meja dan kursi, papan tulis, komputer, lemari sekolah serta alat tulis mengajar dengan total nilai bantuan sebesar Rp236,8 juta kepada SDN 266 Plaju, SDN 260 Plaju, SDN 258 Plaju, Madrasah Ibtidaiyah Ar Rahman Plaju.

Selanjutnya perlengkapan perpustakaan meliputi buku, rak buku, printer, komputer, kursi meja, karpet dan kipas angin dengan total nilai bantuan sebesar Rp200 juta kepada SDN 17 Banyuasin, SDN 26 Banyuasin, SDN 14 Banyuasin dan SD YP Harapan Plaju.

Ia mengatakan, pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bidang pendidikan ini dilakukan sebagai upaya Pertamina RU III untuk meningkatkan derajat kualitas pendidikan khususnya di wilayah Ring I Pertamina RU III.

Ia berharap, bantuan diberikan dapat menunjang fasilitas sarana belajar representatif bagi para siswa agar tercipta suasana belajar mengajar yang lebih nyaman, dan memacu semangat mereka untuk mencapai prestasi lebih baik lagi.

Selanjutnya bantuan perlengkapan perpustakaan diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan kecintaan siswa terhadap buku, yang pada akhirnya dapat turut serta dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat di sekitar area operasi Pertamina RU III, ujarnya.

Ia menuturkan, sebelum program dilaksanakan, Pertamina RU III juga telah melakukan survei untuk menentukan delapan sekolah dasar yang sesuai dengan kriteria penerima bantuan CSR.

Adapun distribusi bantuan telah dilakukan ke seluruh sekolah dasar itu secara bertahap dari Mei 2016.

"Kami mengharapkan komitmen seluruh pihak sekolah untuk dapat mengoptimalkan bantuan yang diberikan bagi kegiatan belajar mengajar siswa," kata Djoko yang juga didampingi Area Manager Communication and Relations Sumbagsel, Makhasin.

Kedepan, melalui program CSR bidang pendidikan, Pertamina RU III akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan yang sejalan dengan program pemerintah Indonesia untuk memperbaiki indeks pembangunan manusia (IPM), dan mendukung pencapaian salah satu target dalam sustainability development goals, ujarnya.

Sementara Kepala SDN 14 Banyuasin I, Ismiyati Dea menyatakan, bantuan komputer yang diberikan oleh Pertamina itu nantinya akan digunakan untuk operator sekolah.

Selain itu, mereka juga mendapat bantuan berupa buku perpustakaan, lemari, meja dan dengan bantuan itu tentunya sangat membantu siswa/siswi dalam belajar, katanya.