Gempa 8,2 skala richter guncang Sumbar

id gempa,gempa sumbar, mentawai, bmkg

Gempa 8,2 skala richter guncang Sumbar

Ilustrasi - Gempa dan Tsunami (Foto Antarasumsel.com/BMKG)

....BMKG mengeluarkan peringatan dini pascagempa berpotensi tsunami di wilayah Sumatera, antara lain Sumbar, Bengkulu, Sumut, dan Lampung....
Padang (ANTARA Sumsel) - Gempa berkekuatan 8,2 skala Richter mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu pukul 19.49 WIB, berlokasi di 5.16 Lintang Selatan 94,,05 Bujur Timur atau 682 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai dan berpotensi tsunami.

Kemudian terjadi gempa susulan berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) menggoyang sejumlah daerah di provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada pukul 19:49:47.

Informasi diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa susulan itu berpusat pada 4,92 Lintang Selatan (LS) dan 94,39 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah provinsi di Sumatera pascagempa di Sumatera Barat (Sumbar), Rabu malam.

Peringatan dini tsunami itu disampaikan kepada masyarakat di Sumbar, Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Bengkulu, dan Lampung.

Peringatan dini itu menyusul terjadinya gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) pada Rabu, pada pukul 19:49:41 dengan pusat pada 5,61 Lintang Selatan (LS) dan 94,05 Bujur Timur (BT) berjarak 682 km arah Barat Daya Kepulauan Mentawai Sumbar, pada kedalaman 10 km di bawah tanah.

Sementara itu, Pakar gempa Universitas Andalas (Unand) Padang Badrul Mustafa mengatakan gempa yang menguncang Kota Padang dan sekitarnya  pada pukul 19.49 WIB tidak berpusat di kawasan Megathrust.

"Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG pusat gempa cukup jauh 682 kilometer barat daya Mentawai, itu bukan lokasi megathrust," kata dia.

Menurut dia, gempa yang terjadi saat ini disebut dengan gempa tunggal atau intraplate  karena tidak terjadi pada tumpukan lempeng.

Namun, katanya, gempa tersebut dapat saja memengaruhi megathrust yang saat ini masih menyimpan dua per tiga energi.

Terkait dengan potensi tsunami ia memastikan jika benar-benar aman harus menunggu hingga tiga sampai empat jam karena pusat gempa cukup jauh.

Ia mengatakan karakter gempa yang terjadi sama dengan yang pernah terjadi di Sumbar pada April 2012.

Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang kota Padang berlokasi di 5.16 Lintang Selatan 94,,05 Bujur Timur  atau 682 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai, karena getaran gempa dirasakan cukup kuat sehingga membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Agung, salah seorang warga Padang, mengatakan guncangan gempa terasa dengan intensitas cukup lama.

Pascagempa ribuan warga Kota Padang mulai menuju ke lokasi yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.

Menurut seorang warga setempat Fathul Abdi menyebutkan jalan di daerah Sawahan menuju By Pass dipadati warga yang berjalan ke arah By Pass di daerah Ketaping.

"Bukan hanya dengan sepeda motor, mobil, warga juga terlihat ada yang berjalan kaki. Dari Sawahan menuju By Pass sudah padat," ujarnya.

Bahkan, sebutnya, juga terlihat sejumlah warga yang membawa tas yang berisi pakaian.

Selain di daerah Sawahan, tambahnya, kepadatan juga terlihat di daerah Pasar Alai menuju Simpang Durian Taruang. Jalan tersebut merupakan jalur evakuasi tsunami.

"Sejumlah mahasiswa, yang juga teman-teman saya, ada yang mengungsi di Kampus Unand daerah Limau Manis," katanya.