PTBA bagikan sembako bagi warga berpenghasilan rendah

id sembako, peket sembako

PTBA bagikan sembako bagi warga berpenghasilan rendah

PTBA bagikan paket sembako bagi warga berpenghasilan rendah (Foto antarasumsel.com/Banu s)

Muaraenim, Sumsel (ANTARA Sumsel) - PT Tambang Batu Bara Bukit Asam membagikan 8.000 paket sembako dan nutrisi bantauan kepada masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah sekitar perusahaan.

Pantauan Antara di lapangan, Selasa warga Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muaraenim tengah mengantri pembagian sembilan bahan pokok (sembako) dan nutrisi secara tertib.

Satu persatu warga dipanggil namanya untuk mengambil sembako dan nutrisi yang dibagikan langsung oleh panita PTBA dibantu oleh Staf Pemerintah Desa Darmo.

Menurut Siti Komariah (60) dan Kholilah (64) warga Dusun Dua Desa Darmo saat menerima paket sembako dan nutrisi bantuan PTBA merasa berterima kasih.

Ia mengakui, meski ini pertama kali mereka menerima paket sembako dan nutrisi bantuan dari PTBA, namun sebagai warga yang lanjut usia dan tak memiliki penghasilan berharap ditahun berikutnya kegiatan ini bisa dilakukan kembali, karena sangat membantu.

Sementara Kepala Desa Darmo Yang Tjik (55) menerangkan bahwa saat ini ada 186 warga di desanya mendapat bantuan sembako, susu, beras, minyak sayur, gula pasir, mie dan sarden.

"Warga yang menerima bantuan rata-rata juga banyak berusia lanjut serta tak bisa bekerja lagi. Ucapan terima kasih dan harapan ke depanya agar PTBA setiap tahun di seluruh desa di Kecamatan Lawang Kidul dapat bantuan semua" katanya.

Camat Lawang Kidul Asarli Marudin mengatakan sangat mendukung program kepedulian PTBA kepada warganya.

Ia berharap, program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PTBA ke depan mendukung program pembangunan Infrastuktur di Kecamatanya.

Sementara Manager Perencanaan Program CSR dan Bina Wilayah PTBA, Yuliana mengatakan bahwa dalam rangka tutup tahun serta syukuran keberhasilan kinerja PTBA ditahun 2015 memberikan banguan sembako.

Menurut Yuliana, program bantuan paket sembako bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) digelontorkan di tiga kecamatan di Kabupaten Muaraenim dan dua kecamatan di Kabupaten Lahat.

"Untuk tiga kecamatan di Kabupaten Muaraenim yang dialokasikan antara lain Kecamatan Tanjung Agung sebanyak 1.360 paket sembako. Kecamatan Lawang Kidul 3.279 paket sembako dan Kecamatan Muaraenim 1.180 paket sembako.

Kemudian untuk dua kecamatan di Kabupaten Lahat yang diberikan bantuan MBR ini yaitu Kecamatan Merapi Timur sebanyak 1.435 paket sembako, dan Kecamatan Merapi Barat 246 paket sembako, katanya.

Program MBR ini juga diprioritaskan bagi panti asuhan dan pondok pesantren yang juga diserahkan sebanyak 500 paket sembako.

PTBA ke depanya akan fokus pada perencanaan program pemberdayaan masyarakat dan program pembagian sembako bagi masyarakat berpenghasilan rendah rutin setiap tahun.

Ditambahkan, Yuliana, sedikit ada perubahan jadwal kegiatan untuk melengkapi info pembagian sembako, rencana puncaknya dilakukan pada tanggal 31 Desember 2015 dimundur menjadi tgl 1 Januari 2016.

"Kegiatan puncak acara penyerahan paket sembako ini di pusatkan di masjid Jamik PT Bukit Asam.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh Direktur Utama Milawarma dan Komisaris Utama PTBA, sekaligus do`a bersama dengan masyarakat untuk keberkahan dan kejayaan perusahaan, katanya.