Sejumlah menteri dijadwalkan hadiri peluncuran Songket

id menteri kabinet kerja, menteri kabinet jokowi, kadisperindag sumsel, permana, peluncuran songket, songket, warisan budaya

Sejumlah menteri dijadwalkan hadiri peluncuran Songket

Songket khas Palembang (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dijadwalkan menghadiri peluncuran songket sebagai warisan budaya Sumatera Selatan pada pertengahan Oktober 2015.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana di Palembang, Rabu mengatakan menteri yang akan menghadiri peluncuran songket itu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Selain itu juga akan hadir Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Koperasi dan UMKM AA Gusti Ngurah Puspayoga," katanya.

Menurut dia, para menteri itu akan menyaksikan peluncuran songket sebagai warisan budaya sekaligus untuk mempromosikan pakaian khas dari Sumsel tersebut.

Selain itu kehadiran menteri tersebut untuk memperkenalkan songket sebagai warisan budaya Sumsel yang diakui dunia, kata dia.

Menurut dia, dalam peluncuran songket sebagai warisan budaya daerah itu akan ditampilkan berbagai jenis songket yang ada di daerah Sumsel.

Bukan itu saja tetapi juga nantinya akan ditampilkan kreasi songket dengan berbagai motif dalam satu kain, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, acara tersebut diharapkan dapat memotivasi perajin di daerah Sumsel, khususnya yang menekuni kain khas Sumsel.

Sementara Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Sumsel Eliza Alex mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri dalam peluncuran songket sebagai warisan budaya.

Peluncuran kain songket sebagai warisan budaya tersebut tidak lain untuk lebih memperkenalkan lagi pakaian yang sudah menjadi khas daerah tersebut, ujar dia.