Pembangunan Musi VI tahap ganti rugi lahan

id musi vi, pembangunan musi vi, penggantian lahan, ganti rugi lahan, jembatan musi, plt kadi pu sumsel, rinhardi, palembang

Pembangunan Musi VI tahap ganti rugi lahan

Kota Palembang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pembangunan jembatan Musi VI Palembang saat ini masih tahap ganti rugi lahan warga yang dilalui proyek fasilitas penghubung seberang ulu dan ilir tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Rinhardi di Palembang, Jumat mengatakan, untuk 2015 sudah dianggarkan dana ganti rugi Rp20 miliar.

Ganti rugi lahan warga akan dilaksanakan secara bertahap karena diperkirakan dana yang dibutuhkan mencapai Rp50 miliar.

Pihaknya rutin melaksanakan rapat bersama dalam pelaksanaan ganti rugi lahan warga yang dilalui pembangunan jembatan tersebut, kata dia.

Memang, lanjut dia, pembangunan jembatan Musi VI sebagai upaya dalam mengurangi kemacetan arus lalulintas kendaraan yang sering terjadi sekarang ini.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018, sehingga infrastruktur harus tersedia, ujar dia.

Sehubungan itu pihaknya terus melaksanakan tahapan pembangunan jembatan tersebut yang diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa dikerjakan.

Sebelumnya Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, semua infrastruktur yang dibangun di daerahnya harus rampung sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo sehingga tahapan dan perkembangan pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games harus dipantau, katanya.

Sebagaimana di Sumsel akan dibangun jembatan Musi IV dan Musi VI, jembatan layang dan jalan tol yang kesemuanya harus rampung tepat waktu.

Sementara saat rapat persiapan Asian Games lalu gubernur juga menyampaikan supaya semua infrastruktur harus dibangun dengan seefisien mungkin melalui dana APBN dan APBD.