Dinkes Musirawas Utara teliti kadar air sungai

id sungai, kadarair sungai

Dinkes Musirawas Utara teliti kadar air sungai

Air sungai (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas Utara, Sumatera Selatan, menurunkan tim untuk meneliti sumber air bersih di beberapa sungai yang dikonsumsi masyarakat pada saat musim kemarau sekarang ini.

"Saat ini ada dua sungai besar yang kondisi airnya berkurang dan sebagian besar sumur masyarakat kekeringan dampak kemarau itu, sehingga warga kekurangan air bersih," kata salah seorang petugas Dinas Kesehatan Musirawas Utara Gusti Rohmani, Rabu.

Untuk mengantisipasi sumber air yang diperoleh masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit, maka dibentuk tim khusus untuk meneliti dan memantau kandungan sumber air sungai tersebut.

Selama ini masyarakat mengeluhkan kekurangan pasokan air bersih dan mereka terpaksa menggunakan air sungai yang kotor bahkan tergolong tidak layak konsumsi.

"Namun kita meragukan kesehatan masyarakat setelah mengkonsumsi air sungai tersebut, meskipun saat ini belum ada yang terjangkit penyakit serius," ujarnya.

Tim itu langsung memantau sepanjang daerah aliran sungai yang dimanfaatkan masyarakat untuk mandi dan mencuci sekaligus mengambil sampel untuk di cek ke laboratorium.

Tujuan pengecekan tersebut untuk mengetahui kadar dan zat-zat apa yang terkandung dalam air tersebut, apakah layak konsumsi atau tidak.

Ia mengharapkan masyarakat ketika mengkonsumsi air sungai tersebut sebaiknya disaring terlebih dahulu sebelum dimasak.

"Meskipun belum ada korban atau penyakit yang ditimbulkan pada musim kemarau sekarang, tapi ada baiknya air sungai tersebut disaring terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk menghindari berbagai penyakit," ujarnya.

Salah seorang warga Kelurahan Rupit Kosim mengatakan sejak musim kemarau seluruh warga mandi dan mencuci di sungai sehingga kondisi air sungai itu makin keruh dan berbau karena warga membuang sampah rumah tangga ke sungai.

"Kami tidak ada pilihan lain untuk mandi dan mencuci terpaksa menggunakan air sungai tersebut. Mudah-mudahan dalam waktu dekat turun hujan dan warga bisa mendapat air bersih," katanya.