Palembang akan bangun pusat kuliner sungai

id palembang, pemkot palembang, pusat kuliner sungai, kuliner sungai, kuliner, plt wali kota palembang, harnojoyo

Palembang akan bangun pusat kuliner sungai

Ilustrasi (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

....kawasan Sungai Musi terutama di Bentek Kuto Besak sudah banyak sekali pedagang makanan dan minuman, tapi belum tertata. Nanti jika sudah ada pusat kuliner, mereka akan dirangkul sehingga kawasan ini menjadi benar-benar cantik dan layak jadi lokas
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang akan membangun pusat kuliner di kawasan Sungai Musi untuk mempercepat target menjadi kawasan wisata sungai pertama di Indonesia.

Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan, pusat kuliner itu direncanakan di dekat Pasar 16 Ilir yang berhadapan muka dengan Sungai Musi.

"Di kawasan Sungai Musi terutama di Bentek Kuto Besak sudah banyak sekali pedagang makanan dan minuman, tapi belum tertata. Nanti jika sudah ada pusat kuliner, mereka akan dirangkul sehingga kawasan ini menjadi benar-benar cantik dan layak jadi lokasi wisata kelas dunia," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, keberadaan pusat kuliner ini adalah bagian penting dari rencana menjadikan Palembang sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki wisata sungai.

Semangat untuk mencapai target ini menurut Harnojoyo dilatari juga telah terjalinnya kerja sama dengan BUMN pengembang pariwisata PT ITDC.

Belum lama ini, Pemkot dan PT ITDC telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mengembangan beberapa kawasan di Sungai Musi menjadi lokasi wisata.

Proyek besar dari kerja sama ini yakni pembangunan hotel dengan 20 lantai di tepi Sungai Musi bekerja sama dengan PT Sahid Group.

"Perencanaan sedang disusun, semoga saja akhir tahun ini sudah ada geliatnya sehingga pada 2016 sudah ada pekerjaan fisik. Harapannya tak lain, hotel sudah bisa digunakan ketika Asian Games digelar di Palembang pada 2018," kata dia.

PT ITDC tertarik mengembangkan tiga kawasan di Palembang menjadi lokasi wisata yakni Pulau Kemaro, Pulokerto, dan Seberang Ulu.

Selain merencanakan pusat kuliner di kawasan sungai, Pemkot juga berniat menjadikan Jembatan Ampera sebagai pusat kuliner di malam hari setelah Jembatan Musi IV selesai dibangun.