Soal UN SMP siap didistribusikan di Sumsel

id soal un, ujian nasional, ujian nasional smp, un smp, soal un smp, distribusi soal un, bonny safrian

Soal UN SMP siap didistribusikan di Sumsel

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Soal Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah di Provinsi Sumatera Selatan siap didistribusikan ke seluruh sekolah yang ada di ibu kota kabupaten dan kota hingga pelosok desa.

"Soal Ujian Nasional (UN) untuk 131.026 pelajar SMP dan sederajat sudah siap dan secara bertahap segera didistribusikan ke sekolah yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Sumsel," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Nasional Sumsel, Bonny Safrian di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, UN yang dijadwalkan berlangsung pada 4-7 Mei 2015 akan diikuti 109.013 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 22.013 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta 4.339 orang peserta didik kelompok belajar Paket B.

Soal ujian dan lembar jawaban telah disiapkan sesuai dengan jumlah peserta tersebut bahkan dilebihkan beberapa persen dari total jumlah peserta untuk mengatasi masalah jika terjadi kerusakan pada saat pendistribusian ke sekolah-sekolah.

Jika soal dan lembar jawaban yang disediakan mengalami kekurangan, panitia di sekolah penyelenggara UN diperbolehkan mengatasinya dengan memperbanyaknya secara fotokopi, katanya.

Menurut dia, pelaksanaan ujian untuk pelajar SMP dan sederajat itu secara umum telah siap, karena saat ini para pelajar secara intensif dibimbing guru untuk melakukan latihan soal mata pelajaran yang diujikan.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan dan memantau kesiapan pelajar secara acak di sejumlah sekolah. Berdasarkan pemantauan itu tidak ada masalah yang dapat mengganggu pelaksanaan ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ujarnya.

Dalam beberapa pekan terakhir menjelang pelaksanaan UN tersebut, pihaknya terus berupaya mendorong pihak sekolah mempersiapkan pelajarnya sehingga bisa menjawab soal ujian dengan baik.

Dengan melakukan persiapan secara maksimal diharapkan para pelajar SMP dan MTs di provinsi ini dapat lulus 100 persen dan meraih nilai di atas rata-rata serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di sekolah favorit, ujarnya.