Pemkot akan alihfungsikan Pelabuhan 35 Ilir

id pemkot palembang, berita palembang, palembang, pelabuhan 35 ilir, pelabuhan palembang, kepala dinas perhubungan, maspirin toyib

Pemkot akan alihfungsikan Pelabuhan 35 Ilir

Suasana penumpang balik lebaran di Pelabuhan laut 35 Ilir Palembang masih terlihat ramai (FOTO Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang akan mengalihfungsikan Pelabuhan 35 Ilir menjadi gedung serba guna pada 2016, kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Masripin Toyib.

"Jika rencana ini terwujud maka Pemkot Palembang akan kehilangan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp1,4 miliar karena tidak ada lagi pemasukan dari retribusi pelabuhan penyeberangan," kata Masripin di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan untuk menekan potensi kehilangan itu, pemkot akan mengoptimalkan gedung serba guna tersebut sebagai sektor pemasukan daerah, seperti usaha penyewaan gedung.

"Peluang cukup terbuka karena gedung serba guna ini secara lokasi cukup menjual yakni di pinggir sungai, jadi ada daya tarik tersendiri," ujar dia.

Mengenai pembangunan gedung serba guna tersebut, Masripin mengatakan akan dianggarkan pada 2016 karena untuk anggaran 2015 tidak memungkinkan lagi. 

"Pada dasarnya, pemkot berupaya memaksimalkan aset yang ada untuk menambah PAD. Ke depan, lokasi Pelabuhan 35 Ilir ini dipandang sebagai potensi, terutama di sektor pariwisata," kata dia. 

Sementara ini, aktivitas di Pelabuhan 35 Ilir sudah tidak ada pascatidak diperbolehkan truk bertonase di atas lima ton meniti jalan di kawasan Gandus.

Kini aset pemerintah tersebut terbengkalai karena tidak digunakan sesuai fungsinya.