Soal UN SMP segera didistribusikan di Sumsel

id soal un, distribusi soal un,

Soal UN SMP segera didistribusikan di Sumsel

Ruang khusus penyimpanan soal UN di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

...Soal Ujian Nasional (UN) secara bertahap segera didistribusikan ke sekolah hingga pelosok desa mulai 10 April 2014...
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Soal Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah di Provinsi Sumatera Selatan sudah selesai dicetak dan siap didistribusikan ke sekolah yang tersebar di 17 kabupaten dan kota.

"Soal Ujian Nasional (UN) secara bertahap segera didistribusikan ke sekolah hingga pelosok desa mulai 10 April 2014," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Nasional Sumsel, Bonny Safrian di Palembang, Rabu.

UN untuk siswa SMP sederajat yang dijadwalkan pada 13-15 April 2015 akan diikuti oleh 109.013 pelajar SMP, 22.013 pelajar MTs, serta 4.339 peserta didik kelompok belajar Paket B.

Soal ujian dan lembar jawaban yang dicetak dilebihkan beberapa persen dari total jumlah peserta untuk mengatasi masalah jika terjadi kerusakan pada saat pendistribusian ke sekolah-sekolah.

"Jika soal dan lembar jawaban yang disediakan kurang, panitia di sekolah penyelenggara UN diperbolehkan mengatasinya dengan memperbanyaknya secara fotokopi," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan ujian untuk pelajar SMP dan sederajat itu secara umum telah siap.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan dan memantau kesiapan pelajar secara acak di sejumlah sekolah. Berdasarkan pemantauan itu tidak ada masalah yang dapat mengganggu pelaksanaan ujian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan," ujarnya.

Mendekati pelaksanaan UN, pihaknya terus berupaya mendorong pihak sekolah mempersiapkan pelajarnya sehingga bisa menjawab soal ujian secara maksimal.

Dengan persiapan yang baik diharapkan para pelajar SMP dan MTs di provinsi ini dapat lulus 100 persen dan meraih nilai di atas rata-rata serta mendapat nilai tertinggi secara nasional.