Underpass Simpang Patal siap diuji coba

id underpass, jembatan underpass

Underpass Simpang Patal siap diuji coba

Sejumlah pekerja melakukan pengecoran lapisan underpass di kawasan Simpang Patal Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

...pemilihan tanggal 19 Februari itu lantaran umur beton reservoar sudah mencapai 28 hari...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jalan terowongan (underpass) di simpang Patal, Palembang, Sumatera Selatan, siap diuji coba pada 19 Februari 2015 setelah menyelesaikan proyek hingga 90 persen.
    
Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Metropolis Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional Wilayah III Aidil Fitri di Palembang, Selasa, mengatakan, proyek telah memasuki tahapan penyelesaian akhir yakni merapikan dan mempercantik beberapa bagian konstruksi.
    
"Khusus konstruksi fisik jalannya sudah selesai 100 persen, tinggal merapikan saja," kata Aidil.
    
Ia menerangkan pemilihan tanggal 19 Februari itu lantaran umur beton reservoar sudah mencapai 28 hari.   
    
"Sebenarnya uji coba dapat dilakukan lebih cepat dari waktu sebenarnya karena rigid pada reservoar sudah dibantu zat adiktif untuk mempercepat kekakuan pada 4 Februari lalu. Namun, pilihan tetap ingin memaksimalkan umur beton agar usia dan ketahanan dapat lebih maksimal," ujar dia.
   
Pembangunan jalan underpass ini untuk mengurangi kemacetan di kawasan tersebut mengingat jalur ini menghubungkan pusat kota dengan kawasan Kenten yang menjadi pemukiman sekitar 1,5 juta warga Kota Palembang.
    
Selain membangun jalan underpass, Sumsel juga sedang menyelesaikan membangun jembatan layang (flyover) di simpang Jakabaring. 
    
Jembatan layang ini diharapkan memecah kemacetan lalu lintas dari pusat kota ke kawasan Jakabaring yang telah menjelma sebagai pusat perkotaan baru seiring dengan keberadaan Kompleks Olahraga Jakabaring.