Pusri realisasikan penyaluran pupuk bersubsidi 112 persen

id pusri, penuhi kebutuhan petani, realisasi penyaluran pupuk bersubsidi, pupuk

Pusri realisasikan penyaluran pupuk bersubsidi 112 persen

Kantor pusat PT Pupuk Sriwijaya di Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi terutama ke sektor pangan sepanjang tahun ini sangat tinggi yakni sebesar 112 persen, dan kondisi ini diharapkan dapat lebih baik lagi pada tahun-tahun berikutnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang hingga Desember 2014 ini telah merealisasikan penyaluran pupuk urea bersubsidi kepada petani di sembilan provinsi di Pulau Sumatera dan Jawa hingga 112 persen dari target yang ditetapkan.

"Realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi terutama ke sektor pangan sepanjang tahun ini sangat tinggi yakni sebesar 112 persen, dan kondisi ini diharapkan dapat lebih baik lagi pada tahun-tahun berikutnya," kata Direktur Utama PT Pusri, Musthofa di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan pupuk petani di lima provinsi dalam wilayah Sumatera Bagian Selatan yang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung dan empat daerah di Pulau Jawa meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan pupuk di sembilan provinsi wilayah kerja PT Pusri itu, pihaknya berupaya menjaga kegiatan produksi keempat pabrik agar bisa berjalan normal.

Berdasarkan data kegiatan produksi pupuk urea hingga kini telah mencapai 98 persen dari target 2,1 juta ton pada 2014.

Dengan kegiatan produksi berjalan normal, stok pupuk di sentra produksi pertanian dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan petani sehingga diharapkan kegiatan menanam pada musim tanam periode Oktober-Maret bisa berjalan dengan baik, katanya.

Sementara Manager Humas PT Pusri Sulfa Ghanie menambahkan, realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi di sembilan rayon atau wilayah kerja tersebut diprediksi beberapa bulan ke depan akan lebih banyak lagi karena sekarang ini masa musim tanam.

Seperti biasanya selama berlangsungnya musim tanam, permintaan pupuk urea terjadi peningkatan, untuk mencegah terjadinya masalah kelangkaan sekarang ini pihaknya terus berupaya menyiapkan stok di gudang yang ada di setiap sentra produksi pertanian.

Untuk mengatasi terjadinya kelangkaan pupuk urea, pihaknya berupaya menyiapkan stok di daerah sentra produksi pertanian dalam jumlah cukup sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani masing-masing provinsi.

Dengan kondisi kegiatan produksi keempat pabrik yang ada di Kota Palembang ini berjalan dengan baik bahkan diprediksi sesuai dengan target tahun ini, stok pupuk urea di seluruh provinsi yang menjadi tanggung jawab PT Pusri pada musim tanam hingga Maret 2015 dijamin aman atau bisa dipenuhi sesuai dengan RDKK, ujar Sulfa.