Daftar tunggu calon haji OKU hingga 2028

id haji, daftar tunggu calon haji oku

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Daftar tunggu Calon Jamaah Haji wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, ternyata cukup panjang dan lama hingga tahun 2028 atau 14 tahun lagi bila mendaftar sekarang.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu (OKU) H Darami, saat ditemui di ruang kerjanya di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, secara keseluruhan jumlah calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu di Kantor Kemenag OKU yakni mencapai 3.549 orang.

Sementara, rata-rata setiap tahun warga OKU yang mendaftarkan diri untuk naik haji sekitar 250 sampai 350 orang, bahkan pada 2014 yang baru mendaftar tembus angka 361 orang," ungkapnya.

Sementara untuk jumlah calon haji OKU yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada 2015 tercatat 261 orang, dengan rincian 115 orang laki-laki dan 146 perempuan.

Dari jumlah itu lanjut Darami, calon haji terbanyak berasal dari Kecamatan Baturaja Timur dengan jumlah 100 orang yang rincian 47 orang laki-laki dan 53 orang perempuan.

Selanjutnya, dari Kecamatan Lubuk Raja sebanyak 46 orang dengan rincian 18 orang laki-laki dan 28 orang perempuan.

Sementara yang paling sedikit dari Kecamatan Sosoh Buay Rayap hanya ada dua orang dengan rincian satu perempuan dan satu laki-laki.

Ditanya soal ongkos naik haji pada 2015, Darami mengaku, pihaknya belum tahu apakah ada kenaikan atau tidak, sebab hal itu ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Yang jelas kalau mau naik haji dari jalur reguler wajib setor uang muka sebesar Rp25 juta kepada bank yang bekerja sama dengan kita. Lalu baru calon haji masuk ke dalam daftar antre hingga 2028," tegasnya.

Sedangkan kalau ingin naik haji lewat jalur khusus, yakni haji plus daftar tunggunya juga sudah penuh hingga 2020. Itu pun dengan biaya tiga kali lipat dari tarif haji reguler.

"Jadi tidak ada lagi yang bisa mendaftar tahun ini langsung berangkat naik haji. Semuanya sudah full," ujarnya.