Jalan Desa Sukapindah Ogan Komering Ulu longsor

id longsor, jalan longsor

Jalan Desa Sukapindah Ogan Komering Ulu longsor

Jalan di Kecamatan Peninjauan longsor (Foto: antarasumsel.com/14/Edo Permana)

Peninjauan (ANTARA Sumsel) - Jalan di Desa Sukapindah Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu, longsor menyebabkan proyek bronjong yang dikerjakan Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumatera Selatan menjadi ambruk.

Akibat tanah longsor bronjong yang sedang dalam pengerjaan tersebut roboh ke dasar sungai. Sementara badan jalan semakin mengecil karena terus terkikis oleh aliran Sungai Ogan, kata Camat Peninjauan, Ferry Iswan di Peninjauan, Jumat.

"Memang bronjong ini dalam pengerjaan dilakukan oleh pihak Dinas PU Bina Marga provinsi tersebut tanahnya mengalami longsor, akibat debit Sungai Ogan membesar." kata Ferry Iswan.

Namun untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kata Ferry, pihaknya bersama Dinas PU Bina Marga provinsi mengambil langkah cepat dengan meninjau jalan longsor menghubungkan Kabupaten OKU dengan Kabupaten Ogan Ilir, serta jalur alternatif Baturaja - Palembang.

Selain meninjau jalan yang longsor tersebut, Camat juga mendiskusikan solusi penyelesaian dari kondisi jalan longsor.

Setelah meninjau kondisi jalan tersebut dihasilkanlah kesepakatan untuk membuat jalan baru dengan menggeser jalan yang ada sekitar 15 sampai 20 meter dari bahu jalan ada saat ini.

"Penggeseran jalan dari posisi lama ditujukan untuk menghindari terjadinya jalan longsor dikemudian hari." Ungkapnya.

Sementara pembangunan bronjong masih akan tetap dilanjutkan, mengingat jalur tersebut merupakan jalan poros.

Ditambahkannya, pembuatan jalan baru ini adalah solusi jangka panjang mengatasi persoalan jalan longsor yang terjadi di Desa Suka Pindah, dimana dalam pelaksanaan proyeknya tetap satu paket dengan pembangunan bronjong, turap dan tiang penyangga di tengah sungai sebagai penahan dan pemecah arus sungai.

Dengan pembangunan jalan baru ini melewati pembangunan bronjong, turap menjadi prioritas dari Dinas PU Bina Marga provinsi dalam rangka meningkatkan pelayanan jalur tranportasi jalan dari Baturaja ke Palembang dan sebaliknya.

Dalam kesempatan meninjau jalan tersebut Ferry di dampingi Kepala UPTD PU Bina Marga provinsi, Tarmidzi dan kasi jalan Ibnu.