Dinkes Musi Banyuasin siapkan posko pelayanan lebaran

id dinkes, posko pelayanan kesehatan, siapkan posko, dinkes musi banyuasin

Dinkes Musi Banyuasin siapkan posko pelayanan lebaran

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat dr.Hj Dewi Etikawati didampingi Kasi Yankes Dasar dan Rujukan H Syaipul Anwar, SE, MKes (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

...Saat ini kami menyiapkan enam posko pelayanan kesehatan di titik strategis jalan lintas untuk melayani masyarakat pada arus mudik dan balik Lebaran 22 Juli-5 Agustus 2014...
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyiapkan posko pelayanan kesehatan di jalur mudik Lebaran 2014 di Jalan Lintas Timur Sumatera antara Jambi-Palembang yang melalui kabupaten tersebut.

"Saat ini kami menyiapkan enam posko pelayanan kesehatan di titik strategis jalan lintas untuk melayani masyarakat pada arus mudik dan balik Lebaran 22 Juli-5 Agustus 2014," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dr Sriwijayani di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan enam titik posko pelayanan kesehatan itu, yakni Posko Tampang Baru Kecamatan Bayung Lencir, Posko Pasar Darat Sekayu, Posko Pasar Babat Toman, Posko Desa Epil, Posko Pasar Sungai Lilin, dan Posko Desa Sri Gunung.

Selama musim mudik Lebaran, posko pelayanan kesehatan tersebut siap memberikan pelayanan kepada pemudik yang mengalami gangguan kesehatan dalam perjalanan ke kampung halaman.

Untuk memberikan pelayanan secara optimal, pihaknya membuka posko selama 24 jam dengan menyiagakan petugas medis dalam tiga waktu kerja ("shift"). Setiap "shift" ada dua petugas kesehatan didukung satu mobil ambulans.

Petugas di posko pelayanan kesehatan mudik lebaran itu, katanya, setiap saat siap memberikan pertolongan jika ada pemudik yang membutuhkan bantuan medis, termasuk merujuk ke rumah sakit terdekat seandainya pasien mengalami penyakit berat.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan di posko untuk pertolongan pertama saja, seperti luka ringan, sedangkan untuk luka berat akan dirujuk ke pusat pelayanan kesehatan (puskesmas) dan rumah sakit terdekat," ujarnya.

Ia mengharapkan melalui operasional posko pelayanan kesehatan tersebut, dapat membantu pemudik dalam penanganan masalah kesehatan.

"Sehingga mereka tetap sehat dan selamat sampai di kampung halaman," katanya didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat dr.Hj Dewi Etikawati didampingi Kasi Yankes Dasar dan Rujukan H Syaipul Anwar, SE, MKesnya.