Semen Indonesia raih antaranews CSR Award

id antaranews.com, pt semen indonesia

Semen Indonesia raih antaranews CSR Award

Perum LKBN ANTARA (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - PT Semen Indonesia meraih penghargaan Antaranews "Corporate Social Responsibility" (CSR) Award 2014 atas komitmennya membangun kemandirian masyarakat lewat program pendidikan, permodalan serta pelestarian lingkungan dan energi.

"Ini kejutan buat kami karena apa yang kami lakukan di PT Semen Indonesia dipantau oleh Antaranews sehingga pada hari ini kami mendapatkan penghargaan. Ini membanggakan sekaligus tantangan agar terus termotivasi untuk berbuat yang lebih baik lagi melalui program CSR," kata Presiden Direktur PT Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan ada empat pilar yang dilaksanakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dalam menjalankan program CSR atau tanggung jawab sosial perusahan yaitu Semen Indonesia Cerdas, Semen Indonesia Sejahtera, Semen Indonesia Peduli dan Semen Indonesia Lestari.

Semen Indonesia Cerdas, kata dia, berkaitan dengan tanggung jawab perusahan dalam menciptakan sumberdaya berkualitas melalui pemberian beasiswa pendidikan bagi anak sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama.

Selanjutnya, Semen Indonesia Sejahtera merujuk pada upaya korporasi membangun ekonomi masyarakat melalui pemberian permodalan menuju kemandirian.

Sementara Semen Indonesia Peduli berkaitan dengan sentuhan-sentuhan program kepedulian masalah sosial, keagamaaan, kebudayaan, seni serta olah raga.

"Pilar terakhir adalah Semen Indonesia Lestari yang merujuk pada tanggung jawab perusahan menjaga dan melestarikan lingkungan serta energi. Namun yang paling penting dari semuanya itu adalah bagaimana mempersiapkan sumber daya handal dan berkwalitas," katanya.

Karena itu, kata dia, dari total dana tanggung jawab sosial perusahan sebesar Rp250-300 miliar tersebut, sekitar 50-60 persen dialokasikan untuk peningkatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan.

"Kami mengalokasikan anggaran CSR sebesar empat persen dari laba bersih perusahan. Laba bersih tahun lalu sekitar Rp5,4 triliun. Beruntung pada semester pertama ini laba bersih tumbuh sebesar delapan persen. Kami mengupayakan agar terjadi peningkatan alokasi untuk dana CSR ini dari tahun ke tahun," katanya.

Dia mengatakan sektor pendidikan menjadi kunci utama meraih kemandirian di masa depan agar tumbuh menjadi masyarakat maju.

Sementara itu General Manager CSR PT Semen Indonesia, Wahjudi Heru mengatakan, program Semen Indonesia Cerdas melalui Semen Gresik memberikan beasiswa kepada 1.200 anak, Semen Padang sebanyak anak orang, serta Semen Tonasa memberikan beasiswa kepada 400.

Selain PT Semen Indonesia, dua insitusi lainnya seperti PT Astra dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan juga meraih penghargaan serupa dari Antaranews.com, sementara penganugerahan Tokoh Filantropi diraih Dato Sri Prof Dr Tahir dan Tokoh Peduli Anak Indonesia diraih Ibu Negara Ani Yudhoyono.