Kapal tanker minyak Thailand diduga dibajak

id kapal, kapal tanker thailand

Kapal tanker minyak Thailand diduga dibajak

Ilustrasi - kapal tanker (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Kuala Lumpur (ANTARA/Reuters) - Satu unit kapal tanker minyak Thailand dengan 14 orang awak dalam perjalanan dari Singapura ke Indonesia diyakini telah dibajak, kata Biro Maritim Internasional (IMB) Sabtu, kasus besar kedua dalam beberapa bulan di salah satu perairan tersibuk di dunia.

"Ini bisa menjadi pembajakan. Kami telah mengirim sinyal untuk kapal-kapal di daerah itu untuk berhati-hati dan pihak berwenang telah waspada," kata Noel Choong, kepala Pusat Pelaporan Perompakan IMB yang berbasis di Kuala Lumpur kepada Reuters, Sabtu.

Pihak berwenang kehilangan kontak dengan MT Orapin 4 setelah
berangkat dari terminal di Singapura pada 27 Mei, menurut sebuah
melaporkan dengan IMB.

Tanker tersebut menuju Pontianak, Indonesia.

Perompak menyerbu kapal tanker di lepas pantai Malaysia pada akhir April, mengambil tiga juta liter solar dari kapal tanker.

Pembajakan tanker sebelumnya dan pencurian kargo telah terjadi
lebih dekat ke Singapura, dengan lima insiden terjadi antara tahun 2011-2013, menurut badan pemerintah-ke-pemerintah, Perjanjian Kerja sama Regional tentang Pemberantasan Pembajakan dan Perampokan Bersenjata terhadap Kapal-Kapal di Asia (ReCAAP).

Ada delapan serangan bersenjata di Selat Malaka dan sekitar Singapura pada kuartal pertama tahun ini, dibandingkan dengan
satu pada periode yang sama tahun lalu, kata ReCAAP yang bermarkas di Singapura, meskipun sebagian besar pencurian kecil.

( Penerjemah: A. Krisna