SD Fransiskus Baturaja ikut lomba sehat nasional

id sd, wakili sumsel lomba sehat nasional

SD Fransiskus Baturaja ikut lomba sehat nasional

SD Fransiskus Baturaja ikut lomba sehat nasioal (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sekolah Dasar Fransiskus Kelurahan Sukajadi Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada 2014 mewakili Sumatera Selatan ikut lomba sekolah sehat tingkat nasional.

Pantauan di lapangan, Rabu berbagai persiapan pihak sekolah telah dilakukan untuk mengikuti lomba sehat tersebut.

"Sebenarnya kami mengondisikan sekolah sehat ini sudah lama, tujuan utama bukan untuk ikut lomba, tapi lebih pada menanamkan kesadaran kepada anak-anak didik untuk hidup sehat," kata Kepala  SD Fransiskus, M Gracia di Baturaja, Rabu.

Dikemukakannya, persiapan yang dilakukan, yakni melatih 'dokter sekolah' yang anggotanya diambil dari  beberapa murid kelas IV dan VI serta menggalakkan penghijauan lingkungan sekitar sekolah.

"Ada juga beberapa ruangan kami atur dan dibenahi dengan mencontoh sekolah yang pernah mengikuti lomba yang sama," katanya.

Untuk mengantisipasi adanya debu semen karena lokasi sekolah di belakang pabrik PT Semen Baturaja, kata dia, pihaknya melakukan penghijauan dan memasang saringan debu di setiap ruangan, bahkan setiap siswa diwajibkan memelihara satu pot bunga.

Ia menambahkan, untuk dokter kecil saat ini telah dipersiapkan dari puskesmas terdekat guna melatih siswa-siswi untuk menangani kesehatan.

"Mereka (dokter sekolah-red) diberi tugas setiap hari untuk mengawasi dan menangani siswa yang sakit, dan setiap hari Senin piket saat upacara untuk mengantisipasi jika ada yang sakit," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Saiful Kamal melalui Kasi Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat, Fikri Arivin menyatakan bahwa lomba kesehatan sekolah tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan.

"Tahun sebelumnya SD Fransiskus merupakan pemenang lomba sekolah sehat tingkat provinsi dan sekarang mewakili Provinsi Sumsel ke tingkat Nasional," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya bersama lintas sektoral lainya sedang mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tersebut dengan melakukan pembinaan, kantin sehat, apotik hidup dan penghijauan agar sekolah lebih siap mengikuti lomba.(E Permana)