Empat pesawat tempur Hawk latihan di Palembang

id pesawat, hawk latihan di palembang

Empat pesawat tempur Hawk latihan di Palembang

Pesawat tempur jenis Hawk milik TNI AU melakukan pendaratan di lapangan Udara Palembang,Sumsel,Sabtu (22/3). (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Empat pesawat hawk milik TNI AU laksanakan latihan Jalak Sakti yang merupaan latihan rutin tingkatan kotama  Komando Operasi Angkatan Udara I dilangsungkan di Lanud Palembang, pada 26 Maret 2014.
    
Keempat pesawat TNI AU itu tiba dan mendarat di Lapangan Udara Palembang, Sabtu dan melakukan beberapa aksi statik.

Sekitar pukul 10.00 WIB suara keempat pesawat terdengar bergemuruh dari arah barat, beberapa menit kemudian melakukan beberapa gerakan statik sebelum akhirnya mendarat dengan selamat di Lanud Palembang.

Kedatangan empat pesawat tempur tersebut memang ditujukan untuk pelaksanaan latihan Jalak Sakti yang merupaan latihan rutin tingkatan kotama Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I).

Salah satu personel yang membawa hawk, Mayor Pnb Griffin Bagus Haryadi menjelaskan latihan rutin tersebut sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Bila tahun sebelumnya pengeboman dilakukan di Tanjung Pandan, maka tahun ini dipolih Lanud Astra Ksetra sebagai tujuan pengeboman,

"Skenario kita tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kita berusaha menetralisir musuh dengan roket dan bom," jelasnya.

Keempat pesawat hawk pun masing-masing dilengkapi dengan dua amunisi roket masing-masing seberat 250 kilogram.

Menurut dia, pada 26 Maret nanti akan jadi puncak dimana personel akan melepas bom untuk melatih akurasi.

Pada latihan ini akan diukur kesiapan personel di masing-masing lini dalam rangka mempertahankan NKRI.
(Feny)