Penyelundupan narkotika bulan puasa tahun 2013 meningkat

id narkoba, penyelundupan narkoba di bulan puasa, peningkatn penyelundupan narkoba

Penyelundupan narkotika bulan puasa tahun 2013 meningkat

Ilustrasi. (FOTO ANTARA)

.....Ketika pengiriman barang meningkat, mereka menyelundupkan narkotika agar tidak terdeteksi tetapi gagal.....
Tangerang (ANTARA Sumsel) - Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno-Hatta, Okto Irianto mengatakan penangkapan penyelundupan narkotika pada bulan puasa dan lebaran tahun ini mengalami peningkatan.

"Untuk penangkapan dan penindakan terhadap penyelundupan narkotika saat bulan puasa dan lebaran tahun ini, alami peningkatan dibandingkan dua tahun sebelumnya," kata Okto Irianto di Tangerang, Senin.

Dikatakannya ada enam kasus yang berhasil diungkap oleh petugas. Lima kasus penyelundupan saat bulan puasa dan satu kasus saat lebaran.

Penangkapan terakhir saat bulan puasa, lanjut Okto, terjadi pada hari Jumat (26/8), Senin (29/8) dan Selasa (6/8). Dari ketiga kasus tersebut, ditangkap tujuh orang terdiri dari WNI dan WNA.

Dari tiga kasus tersebut, pelaku melakukan penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak tiga ribu gram dengan modus disembunyikan di dalam sepatu yang digunakan dan ditelan dalam bentuk kapsul.

edangkan pada saat lebaran Idul Fitri, terjadi penangkapan pada hari Minggu (11/8). Tiga orang WNA Malaysia, melakukan penyelundupan narkotika jenis sebanyak 6.160 gram yang disembunyikan di dalam sepatu yang dipakainya.

Okto menjelaskan, pada bulan puasa dan lebaran tahun lalu, tidak adanya penindakan atau penangkapan terhadap pelaku penyelundupan. Sedangkan dua tahun lalu, ada satu kali penindakan.

Adapun alasan meningkatnya penindakan pada tahun ini, disinyalir karena pelaku memanfaatkan momentum pengiriman paket lebaran yang dilakukan pemudik.

"Pelaku memanfaatkan momentum bulan puasa dan lebaran saat mudik. Ketika pengiriman barang meningkat, mereka menyelundupkan narkotika agar tidak terdeteksi tetapi gagal," katanya.

Pihaknya pun berterima kasih kepada jajaran Polres Bandara Soekarno - Hatta yang cekatan dan teliti melihat isi barang dari penumpang hingga adanya penindakan. (04/and)