PAN akan tetapkan posisi calon Pilkada Gubernur Sumsel

id pilkada, calon gubernur sumsel

PAN akan tetapkan posisi calon Pilkada Gubernur Sumsel

Deklarasi PAN Sumsel atas majunya Hafizh Tohir pada bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Aula Asrama Haji Palembang, Sabtu (29/12) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Partai Amanat Nasional segera menetapkan kadernya sebagai calon yang akan maju pada pemilihan kepala daerah gubernur/wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2013.

"Saya sebagai kader partai akan tunduk sepenuhnya kepada ketua umum kami," kata Ketua Pengembangan Organiasi dan Keanggotaan DPP PAN Hafizs Tohir ketika ditanya seputar pencalonannya untuk maju pada pilkada Sumsel seusai menyampaikan paparan politik akhir tahun di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, sebagai kader partai akan tunduk sepenuhnya wacana untuk gubernur/wakil gubernur itu nanti diserahkan kepada Ketua Umum DPP.

Ia mengaku, pada saat ini memang sudah ada upaya pendekatan oleh tim DPP ke Palembang.

"Mungkin dalam bulan ini kita akan melihat keputusan yang diambil DPP," katanya.

Ia menyatakan, kalau menuruti keinginan kader di Sumsel memang dirinya diminta maju menjadi calon gubernur, tetapi ada keterbatasan, kalau ia tinggal di Jakarta.

"Mungkin secara akselerasi kita memerlukan waktu yang agak panjang untuk memenuhi kretria itu, dan tim sudah bekerja sejak satu bulan lalu guna mensosialisasikan visi dan misi dalam menaikkan elektibilitas," ujarnya.

Ia menuturkan, untuk keputusan pencalonan itu tunggu saja dan mungkin sekitar satu bulan sudah menetapkan, tetapi kalau resminya dalam waktu dekat akan dikeluarkan.

Terkait dengan pilkada Sumsel itu sudah ada beberapa bakal calon gubernur yang bertemu dengan Ketua Umum DPP PAN, namun dirinya tidak bisa menjelaskan secara detil isi pertemuan tersebut.

Hafisz juga menuturkan, kalau soal sosialisasi dirinya paling belakangan ketika kader partai di Sumsel memintanya, sehingga pada porsi terakhir mengambil sikap menerima usulan dari 15 DPD di provinsi itu.

"Kami turun dengan tim di 15 kabupaten dan kota di Sumsel guna melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat," katanya seraya menyatakan juga menjalin hubungan baik dengan sejumlah bakal calon gubernur lainnya, Herman Deru, Eddy Santana Putra, Ishak Mekki dan Alex Noerdin.

Sementara Sekjen DPP Taufiq Kurniawan mengatakan, kalau pihaknya mendengarkan aspirasi dan survei terhadap pencalonan kader partainya tersebut.

"Jadi, ini bukan keinginan Hafisz, tetapi betul-betul menjaring aspirasi dari 15 DPD di Sumsel," katanya.

Pada kesempatan itu sejumlah pengurus DPD dari 15 kabupaten/kota di Sumsel juga melakukan aksi penandatanganan dukungan untuk Hafisz Tohir guna maju pada pilkada mendatang.

Sebelumnya Hafisz juga telah mengambil formulir pendaftaran di DPD Partai Golkar Sumsel sebagai bakal calon wakil gubernur Sumsel pada pilkada mendatang.

Pelaksanaan pilkada gubernur/wakil gubernur Sumsel itu akan dilangsungkan pada 6 Juni 2013.(Susi)