Pemprov minta penjelasan Pertamina soal kelangkaan BBM

id pasokan , bbm, pertamina

Pemprov minta penjelasan Pertamina soal kelangkaan BBM

Aktivitas pendistribusian BBM ke SPBU di wilayah Sumsel dari Depo Pertamina, Kertapati Palembang. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/12)

...Kemungkinan Minggu depan kita minta penjelasan kepada Pertamina kenapa terjadi kelangkaan BBM...
Palembang, (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan meminta penjelasan kepada Pertamina terkait kelangkaan bahan bakar minyak yang terjadi di daerah tersebut.

"Kemungkinan Minggu depan kita minta penjelasan kepada Pertamina kenapa terjadi kelangkaan BBM," kata Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel Eddy Hermanto di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya melihat di beberapa daerah sudah merasakan keresahan kelangkaan BBM apakah memang pasokan minyaknya kurang atau konsumsi masyarakat melebihi kebutuhan sehari-hari.

Sehubungan dengan itu, pihaknya akan mengadakan rapat dengan pihak PT Pertamina yang bakal dijadwalkan pada Minggu depan.

Ia mengatakan, mereka akan menanyakan hal itu dahulu ke Pertamina untuk meminta penjelasan.

Sementara mengenai pembelian BBM menggunakan jerigen dari dahulu memang tidak diperkenankan dan peraturannya sudah jelas dari pusat dan Pertamina, ujar dia.

Ia menyatakan, sekarang yang penting pengawasan terhadap bahan bakar minyak tersebut.

Eddy menilai kelangkaan BBM yang terjadi sekarang belum begitu parah dan masih dalam kondisi normal.

Asisten Manajer External Relation PT Pertamina (Persero) Fuel Retail Marketing Region II Sumbagsel Roberth MV mengatakan, pihaknya selalu siap koordinasi dengan pemprov dalam rangka pendistribusian BBM.

Pertamina juga selalu koordinasi dengan pemerintah daerah dan polisi supaya BBM tepat sasaran, ujarnya.

Khusus Sumsel saja pada Januari dan Februari 2012, realisasinya sudah di level 64 ribu kiloliter (KL) sampai 66 ribu KL per bulan dari asumsi bulan yang sama tahun 2011 hanya sekitar 50 ribuan KL, demikian Roberth MV. (ANT-SUS)