Cek kesehatan balon kepala daerah meliputi fisik, psikologis, jiwa, fisik dan bebas narkoba.

id KPU Sumsel,Pilkada Sumsel,Pilkada 2024

Cek kesehatan balon kepala daerah meliputi fisik, psikologis, jiwa, fisik dan bebas narkoba.

Sejumlah calon kepala daerah peserta Pilkada 2024 yang sudah mendaftar ke KPU siap menjalani tes kesehatan di RSUP Mohammad Hoesin di Palembang, Rabu. (ANTARA/HO/Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Tahap pengecekan kesehatan bakal calon kepala daerah di Sumsel yang dilakukan oleh tim dokter RSUP Mohammad Hoesin Palermbang meliputi aspek psikologis, jiwa, fisik, dan narkoba.

Direktur Utama RSUP Moh Hussein Palembang Siti Khalimah saat konferensi pers di Palembang, Rabu , menyatakan  pihaknya sudah menyiapkan tim yang akan memeriksa dengan fasilitas lengkap mulai dari jantung, fisik, tht, mata, dan sebagainya bahkan juga bekerjasama dengan BNN untuk pemeriksaan narkoba. 

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Moh Hussein Palembang menjunjung tinggi sumpah dokter dalam membantu KPU Sumsel melayani chekup atau memeriksa kesehatan para peserta Pilkada 2024.
 
"Kami menjunjung tinggi sumpah dokter dalam melayani pemeriksaan kesehatan membantu KPU dan untuk mendapatkan hasil yang sesuai berdasarkan apa yang kamu temukan dari pemeriksaan," kata
 
Ketua KPU Sumsel Andika Pranata menambahkan pihaknya menggandeng RSUP Moh Hussein Palembang untuk memeriksa kemampuan kesehatan untuk menjadi seorang kepala daerah. 
 
"Apakah hasilnya sesuai yang bersangkutan ini mampu untuk menjadi seorang kepala daerah," katanya. 
 
Ia menambahkan beberapa pemeriksaan yang dilakukan ialah psikologis, jiwa, fisik, dan narkoba.
 
Menurutnya, apakah bakal calon Kepala daerah ini nantinya seperti apa akan direspon setelah mendapatkan hasil, jadi jangan mendahului hasil. 
 
Sementara itu, pada hari pertama pemeriksaan dilakukan, tiga pasangan calon kepala daerah yakni calon gubernur dan wakil gubernur Herman Deru- Cik Ujang. 
 
Kemudian calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Palembang yakni pasangan Yudha-Bahar dan adapula calon Wali Kota dan wakil Wali Kota Prabumulih Arlan - Frangky Nasril. Pemeriksaan dilakukan sejak sekitar pukul 06:50 WIB.