OKU Selatan optimalkan penanggulangan kebakaran di perbatasan

id Peristiwa kebakaran, permukiman penduduk, penandatanganan kerjasama, Dinas Damkar, Pemkab OKU Selatan

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) wilayah setempat mengoptimalkan penanggulangan kebakaran di wilayah perbatasan dengan menggandeng Pemkab OKU Timur.

"Untuk mengoptimalkan penanganan kebakaran di wilayah perbatasan kami menjalin kerja sama melalui penandatanganan MoU bersama pihak Dinas Damkar OKU Timur," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan OKU Selatan, Wily Agus di Muaradua, Jumat.

Perjanjian kerja sama ini mengatur pengawasan dan penanggulangan kebakaran di wilayah perbatasan antara Kabupaten OKU Selatan dan OKU Timur, sehingga kebakaran permukiman penduduk yang jauh dari pusat kota dapat ditanggulangi sedini mungkin untuk mengantisipasi kerugian materi dan korban jiwa.

"Dengan adanya kerja sama ini akan lebih mudah untuk saling membantu dan berkomunikasi dalam memadamkan api sedini mungkin," tegasnya.

Sebagai upaya penanggulangan sedini mungkin, lanjut dia, saat ini pihaknya pun menggencarkan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada masyarakat di wilayah itu.

Menurut dia, sosialisasi dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanggulangan dan pencegahan kebakaran, baik teori maupun praktik.

Secara teori, masyarakat diajarkan mengenai aktivitas berkaitan api yang aman, misalnya menggunakan elpiji untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat kebocoran gas.

"Sosialisasi ini penting dilakukan terlebih lagi saat musim kemarau seperti sekarang ini sebagai upaya pencegahan kebakaran di wilayah Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.