Binaraga tidak sesederhana dibayangkan awam

id PON 2024, Binaraga, Binaraga PON 2024, Industri olahraga

Binaraga tidak sesederhana dibayangkan awam

Lima atlet tampil dalam final binaraga PON 2024 kelas 85kg putra di Hotel Four Points, Medan, Sumatera Utara, pada Rabu 11 September 2024.  (ANTARA/Jafar M. Sidik)

Jakarta (ANTARA) - Selain menjadi bagian dari gaya hidup sehat, binaraga juga olahraga kompetitif yang dipertandingkan dalam kejuaraan-kejuaraan, termasuk dalam Pekan Olahraga Nasional 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Binaraga tak hanya menuntut dedikasi dan latihan berdisiplin, tapi juga mementingkan fokus kepada keterampilan dalam memperlihatkan bentuk otot.

Massa otot sangat dipentingkan dalam cabang olahraga ini, karena berkaitan erat dengan pembentukan tubuh yang menjadi perhatian utama cabang olahraga ini.

Dengan latihan beban dan pola makan protein tinggi yang rutin dan intensif, orang bisa meningkatkan massa otot.

Seorang atlet binaraga harus memamerkan otot tubuhnya untuk dinilai juri, sebaliknya penilaian juri didasarkan kepada massa otot, simetri tubuh, definisi otot, dan penampilan atlet di panggung lomba.

Selama berkompetisi, seperti terlihat pada PON 2024, tubuh binaragawan dibaluri minyak khusus yang masih ditambah efek penyinaran panggung.

Tujuannya adalah untuk memudahkan juri dalam melihat secara lebih jelas otot seorang binaragawan.